Peristiwa Nasional Ketahanan Informasi Pendidikan

Raimuna Nasional Menampilkan Pentas Seni Budaya Daerah

Sabtu, 12 Agustus 2017 - 16:54 | 393.42k
Kwartir Nasional Gerakan Pramuka melalui kegiatan Raimuna Nasional XI menggelar pentas seni budaya daerah setiap malam. (Foto: ajp.TIMES Indonesia)
Kwartir Nasional Gerakan Pramuka melalui kegiatan Raimuna Nasional XI menggelar pentas seni budaya daerah setiap malam. (Foto: ajp.TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Pendidikan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kwartir Nasional Gerakan Pramuka melalui kegiatan Raimuna Nasional XI menggelar pentas seni budaya daerah setiap malam. Mereka yang tampil dalam pementasan ini adalah perwakilan peserta Raimuna Nasional dari 34 provinsi seluruh Indonesia.

Rizky Dwi Amanda, Ketua Bidang Kegiatan Raimuna Nasional mengatakan, pentas seni budaya ini merupakan kesempatan untuk mengenalkan dan mempromosikan seni budaya masing-masing daerah. Peserta Raimuna Nasional dari berbagai daerah itu diberi kesempatan setiap malamnya untuk menampilkan ciri khas seni budaya masing-masing.

Raimuna-38T56b.jpg

"Jadi, setiap harinya, kita mulai tanggal 14 Agustus sampai tanggal 19 Agustus itu mengadakan malam pentas seni, ada tujuh kontingen daerah yang tampil pada acara tersebut," ujar Rizky Dwi Amanda di Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu (12/8/2017).

Anggota Dewan Kerja Nasional Gerakan Pramuka ini mengakui semua peserta sangat antusias dengan pementasan tersebut. Terbukti, semua peserta Raimuna Nasional ingin menampilkan seni budaya daerahnya kepada publik jika memungkinkan. Terlebih, ini juga menjadi ajang bagi peserta untuk mempromosikan potensi daerahnya.

"Tapi, karena kita dibatasi waktu, tidak semua peserta bisa tampil. Cukup perwakilan masing-masing provinsi yang akan menampilkan seni budaya daerahnya. Satu kali penampilan itu 15 menit," jelas pria berdarah Jawa Barat ini.

Raimuna-1UGujw.jpg

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault menambahkan, saat ini sudah hadir di Cibubur kontingen dari Nusa Tenggara Timur, Papua, Maluku, Aceh, Palembang, dan lain-lain. Kegiatan ini akan menjadi kegiatan tak terlupakan bagi seluruh peserta, seperti Jambore Nasional tahun 2016 pesertanya sampai membuat tagar #KembalikanKamiKecibubur di media sosial.

"Pramuka itu merekatkan NKRI dengan kegiatan-kegiatan menyenangkan luar ruangan, dan ini bukan hanya dilakukan oleh Kwartir Nasional, tapi juga oleh Kwarda (Provinsi), Kwarcab (Kota/Kab), Kwarran (Kecamatan), Gugus Depan (Sekolah), Satuan Karya dan Satuan Komunitas, dan lain-lain di Pramuka. Peran pembina dan pelatih sangat besar," tambah mantan Menpora ini.

Raimuna Nasional XI diselenggarakan di Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur pada 13-21 Agustus 2017. Kegiatan yang dihadiri 15.000 perwakilan Pramuka Penegak dan Pandega dari 34 Provinsi dan 514 kabupaten/kota seluruh Indonesia dan negara-negara sahabat ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo pada 14 Agustus 2017, pukul 09.00 WIB.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES