Peristiwa Daerah

Senapati Nusantara Nobatkan Sumenep Kota Keris

Sabtu, 12 Agustus 2017 - 11:19 | 52.36k
Pameran keris bersama Senapati Nusantara di GNI Sumenep (Foto Busri Toha / TIMESIndonesia)
Pameran keris bersama Senapati Nusantara di GNI Sumenep (Foto Busri Toha / TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Senapati Nusantara memberikan anugerah berupa award kepada Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, sebagai Kota Keris. Sebab, Sumenep memiliki ratusan pengrajin keris dan menghasilkan ribuan keris yang diekspor ke manca negara.

Sekretaris Jenderal Serikat Nasional Pelestari Tosan Aji Nusantara (Senapati Nusantara), Hasto Kristiyanto, menyerahkan tiga kategori award, Sumenep sebagai Kota keris, Tokoh Keris dan Maestro Keris. Penyerahan tersebut diberikan dalam Pembukaan Pemeran Keris di Pendopo Keraton Sumenep, Jumat (12/8/2017).

Hasto Kristiyanto mengatakan, Sumenep dinobatkan sebagai Kota Keris cukup beralasan. Sebab, Sumenep sebagai penghasil keris dan memiliki ratusan empu yang luar biasa. Bahkan keris dari Sumenep di ekspor ke Malasyia, Brunei dan Belanda.

”Sumenep, menyimpan tradisi sejarah yang luar biasa. Bahkan ada sekitar 6.000 keris diproduksi setiap bulan sebagai mahakarya kebudayaan yang luar biasa. Seharusnya, menjadi perhatian dan menjadi energi kita untuk menguatkan tradisi budaya kita,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Sumenep, Dr KH A Busyro Karim sangat mengapresiasi terhadap pemberian penghargaan kepada Sumenep sebagai Kota Keris. Pemberian tersebut cukup beralasan, karena Sumenep memiliki empu keris yang cukup banyak.

Atas penghargaan yang diterima, Bupati Sumenep  berjanji akan terus membina pengrajin dan melestarikan keris sebagai karya budaya bangsa.

"Penghargaan ini membangkitkan Sumenep agar bagaimana pengrajin keris lebih menghargai apa yang telah dimiliki. Sebab keris ini salah satu potensi Sumenep," terang KH A Busyro Karim. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : TIMES Madura

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES