Glutera News

Awas Kanker Rahim!!

Awas Kanker Rahim!! Image: Glutera
Sabtu, 12 Agustus 2017 - 06:40

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kanker rahim adalah sebuah jenis kanker yang menyerang rahim atau sistem reproduksi wanita. Kanker ini juga sering disebut kanker endometrium karena umumnya muncul dengan menyerang sel-sel yang membentuk dinding rahim atau istilah medisnya endometrium. Selain itu, kanker ini juga dapat menyerang otot-otot di sekitar rahim sehingga membentuk sarkoma uteri, namun sangat jarang terjadi.

Gejala kanker rahim yang biasa dialami penderita adalah pendarahan vagina. Walau tidak semua pendarahan abnormal disebabkan oleh kanker rahim, tapi Anda tetap perlu waspada dan sebaiknya memeriksakan diri ke dokter. Terutama jika Anda: 

•    Sudah menopause, tapi tetap mengalami pendarahan.
•    Belum menopause, tapi mengalami pendarahan di luar siklus menstruasi.

PENDERITA KANKER RAHIM DI INDONESIA

Kanker rahim menduduki peringkat keenam dunia dalam daftar kanker yang paling sering terjadi pada wanita. Penyakit ini diperkirakan sudah menyerang sekitar 320 ribu wanita pada tahun 2012.
Di Indonesia sendiri, kanker rahim tidak termasuk ke dalam sepuluh besar kanker yang menyerang wanita. Namun demikian, data GLOBOCAN menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara dengan jumlah penderita kanker rahim terbanyak ke empat di Asia, dengan jumlah penderita sebesar 46.849 jiwa selama periode tahun 1997-2002. 

Jurnalis : Deasy Mayasari
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration