Kesehatan

Hati-Hati, Jangan Berlebihan Konsumsi Sayuran Ini

Sabtu, 12 Agustus 2017 - 04:31 | 51.55k
ILUSTRASI. Konsumsi sayur berlebihan dapat berdampak buruk pada kesehatan. (Foto: brucemcarthurdentistrylakewood.com)
ILUSTRASI. Konsumsi sayur berlebihan dapat berdampak buruk pada kesehatan. (Foto: brucemcarthurdentistrylakewood.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sayuran merupakan makanan sehat yang sering dianjurkan oleh para pakar kesehatan untuk dikonsumsi. Berbagai penelitian telah menunjukkan banyak sekali manfaat dari konsumsi sayuran.

Meski memiliki banyak manfaat, jika dikonsumsi berlebihan beberapa sayuran justru dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan. Berikut jenis sayuran yang tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan, dilansir dari Klik Dokter.

Tomat

Ilustrasi. (Foto: dusbus.com)

Tomat adalah sayuran yang bersifat asam. Konsumsi tomat berlebihan dapat meningkatkan risiko kembalinya asam lambung ke kerongkongan atau disebut juga dengan refux atau GERD. GERD memberikan gejala seperti rasa nyeri atau panas di dada serta sesak napas.

Bayam

Ilustrasi. (Foto: confusedsandals.com)

Bayam memang mengandung zat besi, lutein, dan karotenoid yang bermanfaat untuk mencegah anemia dan membantu menjaga kesehatan mata. Meski demikian, konsumsi bayam yang berlebihan ternyata tidak baik. Bayam merupakan sayuran tinggi oksalat, yaitu zat yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat mengkristal menjadi batu ginjal.

Brokoli

Ilustrasi. (Foto: stb-indoa.com)

Brokoli diketahui merupakan sayuran dengan banyak manfaat, termasuk menurunkan risiko kanker. Meskipun demikian, terlalu banyak mengonsumsi brokoli terlebih dibarengi dengan sayuran lainnya seperti kol dapat membuat perut Anda kembung dan begah.

Wortel

Ilustrasi. (Foto: healthyfoodspirit.co)

Wortel kaya akan vitamin A yang baik untuk mata dan kulit. Namun jika setiap hari mengonsumsi wortel dalam jumlah banyak, kulit Anda dapat berubah warna menjadi oranye. Meskipun demikian, warna kulit Anda dapat kembali seperti semula setelah mengurangi jumlah wortel yang Anda konsumsi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES