Peristiwa Daerah Bondowoso Republik Kopi

Bendung Gerakan Radikal, Bupati Amin Ajak Mahasiswa Aktualisasi Prinsip Aswaja

Jumat, 11 Agustus 2017 - 21:40 | 26.62k
Bupati Bondowoso, Amin Said Husni. (Foto:Sofy/TIMES Indonesia)
Bupati Bondowoso, Amin Said Husni. (Foto:Sofy/TIMES Indonesia)
FOKUS

Bondowoso Republik Kopi

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Untuk membendung arus paham radikalisme yang saat ini tengah berkembang, Bupati Bondowoso Amin Said Husni mengajak mahasiswa baru di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember mengaktualisasikan prinsip-prinsip Ahlussunnah Wal Jamaah (aswaja) pada kehidupan sehari-hari. 

Menjadi pembicara pada acara Orientasi Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) 2017, Jumat (11/0/2017), Amin menyampaikan saat ini Indonesia tengah menghadapi ancaman keamanan serius dengan munculnya gerakan transnasional yang menginginkan Indonesia menjadi sebuah Daulah Islamiyah.

Gerakan ini kata Amin mulai menyasar generasi muda dan melakukan kaderisasi yang massif di perguruan tinggi.

bupati-bondowoso-amin-2ZAIO8.jpg

"Jangan sampai para mahasiswa salah memilih teman. Terkadang karena pengaruh teman, banyak yang terjerumus kepada paham tentang pendirian negara khilafah atau semacamnya," katanya. 

Dengan kondisi tersebut, Amin menekankan pentingnya kembali pada ajaran aswaja yang memiliki lima prinsip dasar yakni Tawasuth, tawazun (netral), al-tasamuh (bersikap toleran), ta’adul (keseimbangan), amar ma’ruf nahi munkar (menyeru kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran). Kelima prinsip ini harus diaktualisasikan sesuai dengan kondisi kekinian. 

"Untuk menangkal gerakan transnasional itu, para mahasiswa baru harus mengimplementasikan prinsip-prinsip Aswaja yang disesuaikan dengan kondisi kekinian," tutur Amin.

Selanjutnya lewat acara ini, Amin berharap bisa memberikan manfaat kepada para mahasiswa agar bisa menebarkan Islam yang Rahmatan Lil Alamin dan dapat ikut andil dalam menjaga keutuhan NKRI serta Pancasila sebagai Ideologi bangsa.

"Saya berharap setelah acara ini para mahasiswa bisa memahami dan menebarkan islam yang Rahmatan Lil Alamin serta Islam yang bisa menjaga persatuan dan kesatuan," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES