Wisata

Izin Cable Car Puncak Ijen akan Keluar dalam Hitungan Minggu

Sabtu, 12 Agustus 2017 - 01:42 | 37.61k
Kawah Ijen. (Foto: Dok TIMES Indonesia)
Kawah Ijen. (Foto: Dok TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berterimakasih atas kunjungan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya dan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Darmin Nasution yang telah berkunjung ke Banyuwangi. Anas mengatakan kunjungan tersebut pastinya akan mempererat hubungan dan kerjasama Pemerintah Daerah Banyuwangi dan Pemerintah Pusat.

"Kami berterima kasih. Saya merasakan ada chemistry yang kuat antara pusat dan daerah untuk bersama-sama maju," ujar Anas, Jumat (11/8/2017).

Sebelumnya bahkan para pejabat itu, bersama Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Herman Khaeron mengikuti rapat bersama terkait investasi pariwisata di Taman Nasional dan Taman Wisata Alam di Banyuwangi. Dalam rapat itu dibahas peluang investasi di Banyuwangi dengan modal kecil nemun bisa memberikan dampak besar pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"(Perizinannya) nggak masalah. Tadi Pak Anas bilang dia ada kesulitan untuk masuk Perhutani, ada kesulitan untuk masuk Taman Nasional. Ini sekarang peraturan-peraturan menteri sudah dibuat untuk menfasilitasi kerjasama itu," kata Menteri LHK Siti Nurbaya setelah rapat yang dilaksanakan di Ruang Rempeg Jogopati, lingkungan Kantor Kabupaten Banyuwangi, Kamis (10/8/2017).

Menteri Siti menjelaskan bahwa fungsi alam ada banyak, diantaranya fungsi regulasi bagi siklus kehidupan, fungsi media untuk aktifitas mahluk hidup, fungsi produksi sebagai sumber daya dan fungsi informasi estetika healing. Fungsi yang terakhir terlihat dari kecenderungan manusia mempelajari dan menghayati, bahkan meniru nilai, sifat dan perilaku alam.

Menteri Siti mengatakan dia akan memantau proses izin perluasan Taman Wisata Alam Puncak Ijen dan izin pembangunan cable car di sana.

"Kami kan di KLHK punya unit-unit pelaksana tugas di daerah, kalau tidak cepat selesai sudah tarik saja ke Jakarta. Proses-proses kerjasamanya juga..Seharusnya minggu depan atau 2 minggu lagi mestinya sudah beres harusnya sih, nanti saya ikut kontrol deh. Apalagi tadi ada Komisi 4, pasti dia akan tanyai terus, mana ini kok Banyuwangi gak beres-beres," kata Siti. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES