Indonesia Positif Ketahanan Informasi Pendidikan

Asyiknya Latihan Kepramukaan di SDN 3 Sumberkerto

Jumat, 11 Agustus 2017 - 16:09 | 81.67k
pengenalan dan pembelajaran kepramukaan di SDN 3 Sumberkerto oleh Mahasiswa KKN Universitas Kanjuruhan Malang. (Foto: AJP TIMES Indonesia)
pengenalan dan pembelajaran kepramukaan di SDN 3 Sumberkerto oleh Mahasiswa KKN Universitas Kanjuruhan Malang. (Foto: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Pendidikan

TIMESINDONESIA, MALANG – Pramuka merupakan Organisasi atau gerakan kepanduan sebagai wadah proses pendidikan kepramukaan yang di laksanakan di Indonesia. Gerakan pramuka memiliki kode kehormatan yang terdiri atas janji yang disebut Satya dan ketentuan moral yang disebut Darma.

Sejarah Pramuka Indonesia lahir pada tahun 1961 secara resmi gerakan pramuka dikenalkan kepada halayak pada tanggal 14 agustus 1961, sesaat setelah presiden republik indonsia memberikan anugerah Panji gerakan prmuk mlalui keputusan presiden RI Nomor 448 Tahun 1961.

Kepramukaan merupakan suatu kegiatan/ekstrakurikuler yang wajib diikuti siswa sekolah. 

KKN-unikamt58rO.jpg

Termasuk di Desa Sumberkerto Kecamatan Pagak Kabupaten Malang. Mahasiswa KKN Universitas Unikama memberikan latihan kepramukaan di SDN 3 Sumberkerto. 

"Kami mahasiswa KKN Unikama meperkenalkan Kepramukaan kepada siswa-siswi SDN tersebut karena siswa-siswi nya belum mengenal gerakan pramuka," kata Dewi Tri Windia ketua kelompok. 

Mahasiswa mengenalkan dasar-dasar kepramukaan. Antara lain pengertian sifat dan fungsi kepramukaan, kode kehormatan gerakan pramuka, sandi morse, semafore, sandi kotak I, II dan III serta sandi rumput. 

Siswa dan guru merasa senang dengan pengenalan yang diberikan mahasiswa Unikama. Ilmu yang dibagikan ini diharapkan oleh para guru dapat bermanfaat bagi semua murid. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES