Peristiwa Daerah

Menko Perekonomian Dorong Banyuwangi Sigap Pada Pergeseran Tren Konsumsi

Jumat, 11 Agustus 2017 - 09:06 | 30.71k
Menko Perekonomian Darmin Nasution dan Menteri LHK Siti Nurbaya di pameran Taman Nasional, di Gesibu Blambangan Banyuwangi. (Foto: Humas Pemkab Banyuwangi for TIMES Indonesia)
Menko Perekonomian Darmin Nasution dan Menteri LHK Siti Nurbaya di pameran Taman Nasional, di Gesibu Blambangan Banyuwangi. (Foto: Humas Pemkab Banyuwangi for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Darmin Nasution mendorong Banyuwangi, Jawa Timur, sigap dalam menyikapi pergeseran tren konsumsi masyarakat.

Hal itu disampaikannya dalam acara Festival Taman Nasional dan Taman Wisata Alam Indonesia, di Gedung Seni dan Budaya (Gesibu) Taman Blambangan Banyuwangi, Kamis (10/8 /2017) malam.

"Saya tidak yakin ekonomi kita melambat karena turunnya konsumsi. Tapi minat banyak masyarakat telah bergeser dari membeli barang menjadi suka berwisata," kata Darmin.

Dia menjelaskan, adanya penilaian ekonomi turun karena data yang dipakai adalah data akhir Juni lalu, yang bertepatan akhir bulan puasa. Karena itu, tidak aneh kalau konsumsi mengecil.

Darmin mengatakan, turunnya konsumsi masyarakat sebelum Hari Raya Idul Fitri wajar karena banyak warga berhemat untuk pulang ke kampung halaman.

BanyuwangiVwRoj.jpg

"Memang tidak sedikit perkembangan ekonomi Indonesia melambat, belum ada terkumpul datanya sejauh ini berapa. Tapi 3 tahun ini, pada waktu liburan, jalur ke tempat wisata macet," kata Darmin lagi.

Maka itu diperingatan HKAN 2017 ini pihaknya mengimbau agar Banyuwangi tanggap menggarap pariwisata, terutama wisata di Taman Nasional. Banyak kawasan wisata memberikan pemandangan konvensional, seharusnya Taman Nasional muncul menawarkan pemandangan yang berbeda, unik dan bernilai konservatif.

"Kita memang belum punya standar bagaimana kalau mau mengembangkan ecotourism Taman Nasional. Tapi gejala-gejala ini harus kita tangkap, dimana pola konsumsi masyarakat menempatkan wisata sebagai yang penting," pungkas Darmin lagi.

Dalam festival yang digelar di Gesibu Taman Blambangan itu, juga digelar pameran Taman Nasional (TN) dan Taman Wisata Alam (TWA) dari seluruh Indonesia. Potensi masing-masing wisata TN dan TWA Ditunjukkan kepada pengunjung hingga tanggal 13 Agustus untuk mengenalkan keindahan wisata area konservasi.

Diumumkan juga pemenang lomba video kreatif TN dimana TN Bali Barat meraih juara 1, TN Gunung Palu juara 2 dan TN Baluran meraih juara 3. Turut menyerahkan hadiah, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri LHK Siti Nurbaya dan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Herman Khaeron. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES