Kesehatan

Ini Waktu yang Tepat untuk Minum Vitamin

Jumat, 11 Agustus 2017 - 03:17 | 479.13k
ILUSTRASI. Minum vitamin sebaiknya disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan. (Foto: doctorshealthpress.com)
ILUSTRASI. Minum vitamin sebaiknya disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan. (Foto: doctorshealthpress.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bingung kapan harus minum vitamin? Ada yang bilang minum vitamin harus dilakukan di pagi hari agar Anda jadi berenergi untuk melakukan aktivitas. Tapi ada juga yang bilang minum vitamin harusnya di malam hari, agar pada pagi harinya Anda merasa segar dan bugar.

Dilansir dari Hello Sehat, minum vitamin pagi atau malam hari, sebenarnya tergantung pada jenis vitaminnya. Jika Anda minum multivitamin, yaitu satu vitamin yang mengandung banyak jenis vitamin, waktu terbaik untuk meminumnya adalah pagi hari setelah Anda sarapan atau makan siang.

Mengapa multivitamin bagus dikonsumsi di pagi hari? Karena vitamin adalah zat sintesis yang paling baik diserap oleh tubuh saat dikonsumsi dengan makanan lainnya. Minum multivitamin di pagi hari memungkinkan zat ini terserap dengan baik ke dalam tubuh Anda bersamaan dengan makanan yang Anda makan.

Nah, untuk vitamin yang larut dalam lemak, biasanya harus dikonsumsi dengan beberapa jenis makanan sumber lemak seperti kacang-kacangan agar bisa diserap ke dalam tubuh. Contoh vitamin yang larut dalam lemak adalah vitamin A, D, E, dan K. Jenis vitamin ini baik dikonsumsi pagi hari.

Namun, vitamin yang larut dalam air, contohnya vitamin C dan B, sangat dibutuhkan setiap hari. Kapan waktu yang tepat mengonsumsinya? Vitamin C dan B, tidak perlu dikonsumsi bersamaan dengan makanan, vitamin ini akan terserap dengan baik ke dalam tubuh baik di pagi hari, siang, atau malam hari.

Meski demikian, sebaiknya konsumsi vitamin juga harus Anda sesuaikan dengan kondisi tubuh Anda. Jika Anda memiliki penyakit tertentu, lebih baik Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi vitamin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES