Kesehatan

Hindari Kebiasaan Ini Agar Mata Tak Cepat Rusak

Kamis, 10 Agustus 2017 - 04:21 | 87.18k
ILUSTRASI. Terlalu lama melihat layar laptop dapat merusak mata. (Foto: vebma.com)
ILUSTRASI. Terlalu lama melihat layar laptop dapat merusak mata. (Foto: vebma.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Memperhatikan kesehatan mata tak kalah pentingnya seperti menjaga kesehatan organ tubuh lainnya. Agar mata tetap sehat, Anda perlu menjaga asupan makanan dan menghindari kebiasaan yang dapat memicu penuaan mata. Berikut adalah 6 kebiasaan buruk yang membuat mata Anda cepat tua dan lebih rentan terkena penyakit, dilansir dari Hello Sehat.

1. Panas-panasan tanpa kacamata hitam
Jika Anda sering terpapar sinar ultraviolet (UV) dari matahari dapat mempercepat kerusakan mata dan kelopak mata Anda. Paparan sinar matahari berkepanjangan dapat menyebabkan sunburn atau terbakar oleh sinar matahari pada permukaan depan mata (fotokeratitis), katarak, degenerasi makula, pinguekula, pterigium (pertumbuhan lapisan segitiga di permukaan bagian depan mata), bahkan dapat menyebabkan kanker di kelopak mata. Menggunakan kacamata hitam atau sunglasses yang memiliki UV protection 100% dapat mencegah hal-hal tersebut.

2. Menatap layar terlalu lama
Kebiasaan menatap layar smartphone, tablet, atau laptop dapat menyebabkan ketegangan pada mata, sehingga dapat mengakibatkan penglihatan kabur dan sakit kepala. Anda perlu memberikan istirahat pada mata dengan berpaling dari layar Anda beberapa kali setiap jam dengan interval selama 30 detik.

3. Merokok
Kebiasaan merokok dapat merusak seluruh organ dalam tubuh, termasuk mata. Hasil penelitian menyatakan bahwa merokok berhubungan dengan penyakit mata seperti katarak, degenerasi makula, uveitis, dry eyes atau mata kering, dan retinopati diabetik. Fakta membuktikan bahwa perokok memiliki risiko 4 kali lebih besar untuk mengalami kebutaan dibandingkan dengan orang yang tidak merokok.

4. Kebiasaan makan yang buruk
Sering konsumsi makanan cepat saji dan makanan tak sehat dapat mengakibatkan tidak mendapatkan vitamin, mineral, dan asam lemak esensial yang cukup untuk kesehatan mata Anda. Sayuran hijau, buah-buahan, dan ikan seperti ikan salmon dapat mencegah banyak penyakit degeneratif mata. Vitamin mata dapat memberi tambahan nutrisi, namun makanan yang sehat, olahraga teratur setiap hari, dan menjaga berat badan Anda adalah cara yang lebih efektif dalam menjaga kesehatan mata Anda.

5. Tidur menggunakan soft lens
Jika Anda pengguna soft lens, sebaiknya Anda tidak mengenakannya pada saat Anda tidur karena lensa kontak tidak boleh dipakai dalam waktu yang terlalu lama. Penggunaan yang terlalu lama dapat menyebabkan mata Anda menjadi sakit dan kering, serta dapat menimbulkan infeksi pada mata Anda.

6. Tidak melakukan pemeriksaan mata secara rutin
Pemeriksaan mata secara rutin dapat mendeteksi gangguan penglihatan, penyakit mata, dan masalah kesehatan secara umum sebelum Anda menyadari adanya masalah kesehatan pada mata Anda. Penyakit mata yang mengancam jiwa seperti glaukoma sering kali tidak memiliki gejala sampai terjadinya kehilangan penglihatan yang permanen. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES