Kesehatan

Rutin Donor Darah Bisa Cegah 3 Penyakit Ini

Kamis, 10 Agustus 2017 - 06:20 | 45.35k
ILUSTRASI. Donor darah. (Foto: seword.com)
ILUSTRASI. Donor darah. (Foto: seword.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tak hanya bermanfaat bagi si penerima darah, donor darah juga bermanfaat bagi tubuh si pendonor. Berikut penyakit yang bisa dicegah hanya dengan rutin donor darah, dilansir dari Klik Dokter.

Penyakit jantung
Menurut American Journal of Epidemiology, kegiatan donor darah dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 33% dan serangan jantung sebesar 88%. 

American Medical Association mengatakan dengan mendonasikan darah setiap 6 bulan dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke pada usia 43 hingga 61 tahun. 

Mencegah kanker
Donor darah membantu menurunkan risiko terkena kanker. Dengan mendonasikan darah, cadangan zat besi dalam tubuh dapat dijaga dalam jumlah yang sesuai sehingga memberikan perlindungan dari bahaya kanker.

Mencegah obesitas 
Saat mendonorkan darah Anda sebanyak 450 ml, tanpa disadari Anda telah membakar sebanyak 650 kalori. Sehingga dengan rutin mendonorkan darah, Anda dapat menjaga berat badan tetap ideal.

Selain mencegah penyakit di atas, donor darah juga dapat membuat awet muda. Dengan rutin mendonor darah, sel darah akan terus beregenerasi sehingga menjaga tubuh tetap sehat. Selain itu, Anda dapat terhindar dari stres dan merasa bahagia akibat menolong orang lain. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES