Peristiwa Daerah Bondowoso Republik Kopi

Pemkab Bondowoso Genjot Pengembangan Produk Lokal

Rabu, 09 Agustus 2017 - 18:17 | 38.30k
Bupati Bondowoso Amin Said Husni saat ditemui di Sabha Bina II (Foto: Angga/TIMES Indonesia)
Bupati Bondowoso Amin Said Husni saat ditemui di Sabha Bina II (Foto: Angga/TIMES Indonesia)
FOKUS

Bondowoso Republik Kopi

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemerintah Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur akan berupaya mengembangkan potensi produk lokal. Caranya dengan mempermudah akses permodalan, melakukan pelatihan dan meningkatkan koordinasi dengan pemerintah pusat.

Bupati Bondowoso Amin Said Husni mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bondowoso tengah berdiskusi dengan anggota DPD RI tentang pengembangan potensi daerah, dan meminta support dari pemerintah pusat.

"Pengembangan produk unggulan terus dilakukan seperti kopi, beras dan pariwisata. Terlebih lagi agar mendapatkan support dari lembaga terkait, sehingga produk unggulan ini bisa lebih baik dan meningkat lagi," ujarnya saat ditemui di Sabhabina II Kabupaten Bondowoso, Rabu, (9/8/2017).

Untuk pengembangan kopi, Amin menekankan, perlunya kemudahan akses permodalan.

"Kalau akses permodalan bisa dari perbankkan, disini juga bila masyarakat diberikan bantuan-bantuan terus ini juga tidak mendidik dan tidak merangsang untuk kreatif. Tetapi akses permodalan yang berupa kredit yang akan terus kita dorong," imbuhnya.

Selain itu, Amin berharap bantuan dari Pemerintah Pusat, mungkin baru berupa bibit, teknologi, pemasaran, alat untuk meningkatkan packaging dan pelatihan.

"Pelatihan sendiri pada sektor hilirnya terus dilakukan, karena banyak bermunculan Cafe dan pelatihan kepada barista juga penting dilakukan," tuturnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES