Peristiwa Nasional

Lestarikan Budaya Luhur, Jokowi Resmikan Museum Keris Nusantara

Rabu, 09 Agustus 2017 - 15:38 | 38.10k
Presiden Joko Widodo (Foto: setkab)
Presiden Joko Widodo (Foto: setkab)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebagai upaya melestarikan salah satu budaya agung Indonesia, Presiden Joko Widodo resmi membuka Museum Keris Nusantara di Surakarta pada Rabu (9/8/2017).

"Keris adalah warisan budaya bangsa yang memiliki nilai-nilai filosofi yang sangat tinggi," ujarnya.

Di tengah upaya mengejar pembangunan dan kemajuan, Presiden menambahkan jika masyarakat tidak boleh melupakan nilai tradisi adiluhung bangsa.

"Kita harus ingat bahwa museum dan sejarah adalah jendela kita dalam menatap masa lalu, untuk melangkah optimis menyongsong masa depan. Saya harap Museum Keris Nusantara ini bisa menjadi wujud penghargaan kita terhadap seni budaya, sekaligus sumber inspirasi nilai-nilai budaya Jawa, nilai-nilai budaya Nusantara," ucapnya.

Menurut presiden, saat ini pemuda kurang meminati kerajinan budaya seperti keris. Padahal keris sudah menjadi warisan budaya dengan ditetapkan oleh UNESCO pada 2005 silam.

Selain itu, presiden menjelaskan jika sejumlah pemimpin negara lain seperti Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Rusia Vladimir Putin juga memiliki koleksi keris asal Indonesia. "Nilai-nilai, filosofi-filosofi yang ada di keris itulah yang menyebabkan mereka kagum," sambungnya.

Khusus untuk Museum Keris Nusantara, presiden mengaku bakal menitipkan koleksi keris miliknya kepada museum yang kini mengumpulkan kurang lebih 409 keris itu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Setkab

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES