Peristiwa Daerah

Angkasa Pura Siapkan Rp 350 M untuk Pembangunan Bandara Soedirman

Selasa, 08 Agustus 2017 - 14:22 | 29.77k
Penyambutan kunjungan Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi saat peninjauan Lanud Soedirman Purbalingga oleh Kadishub Purbalingga Yonathan Eko Nugroho (kanan bersalaman) pada hari, Minggu (6/8/2017) lalu (Foto: Dinhub Purbalinga)
Penyambutan kunjungan Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi saat peninjauan Lanud Soedirman Purbalingga oleh Kadishub Purbalingga Yonathan Eko Nugroho (kanan bersalaman) pada hari, Minggu (6/8/2017) lalu (Foto: Dinhub Purbalinga)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – PT Angkasa Pura II menyiapkan anggaran sekitar Rp 350 miliar untuk pembangunan Bandara Soedirman di Purbalingga, Jawa Tengah.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Dinhub) Purbalingga, Yonathan Eko Nugroho usai bertemu dengan  Presiden Direktur Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin yang mengunjungi Bandara Jenderal Besar Soedirman (BJBS) Purbalingga bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, pada 6 Agustus lalu.

"Tidak hanya itu, PT Angkasa Pura II juga segera menambah sarana dan prasarana yang menyangkut keselamatan penerbangan," ucap Yonathan, Selasa (8/8/2017).

Untuk fasilitas dan sarana yang dimaksud, Yonathan mengatakan, akan ada penambahan panjang landasan pacu.

“Landasan pacu juga akan diperpanjang dari saat ini sekitar 850 meter menjadi 1600 meter dengan lebar 30 meter. Dan pada tahap berikutnya landasan pacu ditambah menjadi 2000 hingga 2400 meter,” kata Yonathan, yang turut hadir dalam acara Kunjungan Kerja Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi tersebut.

Yonathan menambahkan, Bupati Purbalingga H Tasdi SH MM menyambut gembira realisasi bandara komersial BJBS itu. Menurutnya hal itu menjadi momentum, sebagai hadiah HUT ke-72 kemerdekaan RI bagi warga masyarakat Purbalingga.

Sementara itu, dalam kunjungan kerjanya ke BJBS, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, keberadaan bandara di Purbalingga, akan meningkatkan dan mempermudah mobilitas masyarakat. 

Adanya penerbangan dari Purbalingga, masyarakat di wilayah Jawa Tengah bagian Barat Selatan bisa menghemat waktu jika menuju ke Yogyakarta atau ke Semarang.

Jika menggunakan jalan darat, waktu yang ditempuh sekitar 4 – 5 jam. Dengan adanya bandara Soedirman, maka perjalanan hanya kurang dari satu jam.

Selain itu, bandara juga diyakini akan pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan sektor pariwisata di wilayah Jawa Tengah Bagian Selatan.

Menteri Perhubungan menargetkan, Bandara Soedirman akan beroperasi akhir 2018 mendatang.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Purbalingga TIMES

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES