Peristiwa Nasional Liputan Haji 2017

Jemaah dengan Penyakit Jantung Diimbau Bawa Obat Milik Sendiri

Selasa, 08 Agustus 2017 - 12:08 | 19.86k
Ilustrasi jemaah haji
Ilustrasi jemaah haji
FOKUS

Liputan Haji 2017

TIMESINDONESIA, ARAB SAUDI – Jemaah haji asal Indonesia diimbau membawa obat-obatan yang biasa dikonsumsi sendiri dengan jumlah dan dosis yang cukup untuk periode penyelenggaraan ibadah di tanah suci.

Imbauan itu diutarakan Kabid Kesehatan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Etik Retno Wiyati, khususnya untuk pasien jantung atau Cardiovascular Diseases yang telah melakukan pemeriksaan tahap satu atau sesuai keterangan kesehatan yang tercantum pada buku kesehatan haji.

Menurutnya, membawa obat-obatan sendiri akan memudahkan jemaah untuk mengkonsumsinya. Sebab, obat-obatan di Arab belum tentu sama atau cocok bagi si pasien.

Dengan ibadah haji menuntut kondisi sehat dan bugar, para jemaah yang memiliki riwayat penyakit jantung pun diminta agar aktif melakukan kontak dengan tenaga medis kesehatan minimal  2 kali dalam sehari.

Untuk dekteksi dini, Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) akan memantau manifes kesehatan jemaah untuk melakukan imbauan kondisi kesehatan. TKHI juga akan berkoordinasi dengan pembimbing ibadah terkait prosesi ibadah pasien jantung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Kemenag

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES