Peristiwa Daerah

Penggemar Merpati Pos Purbalingga Punya Tradisi Unik untuk Rayakan Pernikahan

Senin, 07 Agustus 2017 - 17:31 | 272.27k
Para penggemar merpati pos Purbalingga saat menerbangkan merpati pos pada acara pernikahan salah satu anggotanya (Foto: Agun Setiyono For Purbalingga TIMES)
Para penggemar merpati pos Purbalingga saat menerbangkan merpati pos pada acara pernikahan salah satu anggotanya (Foto: Agun Setiyono For Purbalingga TIMES)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Komunitas penggemar merpati pos yang tergabung dalam Perhimpunan Olahraga Merpati Pos Naungan Purbalingga Banyumas (POMP Nagamas) punya tradisi unik. Yaitu menerbangkan merpati sebagai kado pernikahan bagi anggotanya.

Seperti pada hari Rabu (2/8/2017) lalu di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kaligondang, Purbalingga, Jawa Tengah pada pernikahan Agun setiyono dan Vika.

“Mas Agun merupakan anggota dari POMP Nagamas atau Perhimpunan Olahraga Merpati Pos Naungan Purbalingga Banyumas. Dan mudah-mudahan akan menjadi tradisi sekaligus kado special saat anggota POMP ada yang melangsungkan pernikahan,” kata Penasehat POMP Hadianto, Senin (7/8/2017).

Menerbangkan merpati pos, lanjut Hadianto, sebagai simbol agar pernikahan itu bisa langgeng seperti sepasang merpati yang selalu setia dengan pasangannya.

“Selain itu POMP yang sudah berdiri sejak tiga tahun ini, anggotanya meliputi Purbalingga, Banjarnegara, Banyumas, Banjarnegara dan Cilacap,” terang Hadianto disela-sela persiapan mengikuti even Pos 2 di Blitar, Jawa Timur pada Minggu 6 Agustus 2017.

Menurut  pria penggemar merpati pos dan burung  yang akrab di sapa Anto ini, POMP juga banyak memiliki jadwal terbamg atau lepas di tahun 2017 ini. Seperti lomba dengan 4 Pos lepasan. Yakni Pos 1 Ponorogo pada 23 Juli 2917 dan Pos 2 Blitar pada hari Minggu (6/8/2017).

Kemudian Pos 3 Lumajang pada 20 Agustus 2017 dan Pos 4 Banyuwangi tanggal 2 September 2017, juga di Bali jika ikut serta dan terakhir di Mataram pada 23 September 2017.

Dan POMP Nagamas juga ikut gabung di Tim Garuda Indonesia yang sedang mengikuti lomba di kandang bersama OLR Thailand. Kemudian banyak kegiatan lainnya di tahun 2016 dan 2017.

“Sebelumnya pada tahun 2016 adalah acara pelepasan merpati Pos di Kecamatan Wangon, Cilacap. Lalu acara Karnaval Hut Ri ke 71, Pelepasan di Owabong di acara sepeda santai dalam rangka HUT Owabong 2017 dan pelepasan merpati Pos di Taman Reptil H + 3 Idul Fitri tahun 2017,” tutup Anto.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES