Pendidikan

ITN Jalin Kerjasama Internasional dengan University Malaysia Pahang 

Senin, 07 Agustus 2017 - 16:31 | 100.98k
Pemberian cideramata oleh Dekan Fakultas Teknik Mesin Universitas Malaysia Pahang Prof. Dr. Rizalman Mamat (kanan) kepada Rektor Institut Teknologi Nasional Dr. Ir Lalu Mulyadi, MT.,  Senin (07/08/17). (Foto: Cindy/TIMESIndonesia)
Pemberian cideramata oleh Dekan Fakultas Teknik Mesin Universitas Malaysia Pahang Prof. Dr. Rizalman Mamat (kanan) kepada Rektor Institut Teknologi Nasional Dr. Ir Lalu Mulyadi, MT., Senin (07/08/17). (Foto: Cindy/TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, Jawa Timur kembali melebarkan sayapnya dalam hal kerjasama luar negeri bidang akademis.

Kali ini, ITN Malang merajut kerjasama dengan Faculty of Mechanical Engineering University Malaysia Pahang (UMP). 

Kerjasama ini ditandai dengan penandatangan letter of intent (LOI) antara Dekan Fakultas Teknologi Industri (FTI) ITN Malang Dr. Ir. Yudi Limpraptono, MT dengan Dean Faculty of Mechanical Engineering UMP Prof. Dr.  Rizalman Mamat, Senin (07/08/17).

Yudi mengatakan, kerjasama ini dilakukan untuk peningkatan mutu dosen dan mahasiswa antar dua perguruan tinggi.

rektor-ITN-kerjasamacindyZ39yA.jpgPenandatangan LOI oleh Dekan fakultas teknik mesin Universitas Malaysia Pahang Prof. Dr. Rizalman Mamat dan Rektor ITN Dr. Ir Lalu Mulyadi, MT.,  Senin (07/08/17). (Foto: Cindy/TIMESIndonesia)

Adapun bentuk kerjasama adalah pertukaran dosen dan mahasiswa Fakultas Teknik Elektro dan Elektronika, Fakultas Perindustrian, Fakultas Kimia dan Fakultas Teknik UMP dengan ITN Malang.

Selain itu, kerjasama ini dimaksud untuk mengembangkan dan mempromosikan pertukaran akademis antara dua negara. 

Yudi menambahkan jika penandatanganan LOI merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Memorandum Of Understanding (MOU) yang telah dilakukan oleh Rektor ITN beberapa waktu lalu. 

"Nanti akan ada pertukaran dosen dan mahasiswa untuk melakukan penelitian bersama menggunakan fasilitas yang tersedia di UMP, begitu juga sebaliknya," ucapnya.

Sedangkan untuk mahasiswa dan dosen yang akan menjalani program di UMP, ITN akan melakukan seleksi.

ITNUxo4F.jpgRektor ITN Dr Lalu Mulyadi, MT, dan Dekan Fakultas Teknik Mesin University Malaysia Pahang Prof Dr Rizalman Mamat berfoto bersama usai penandatanganan kerjasama, Senin (7/8/2017).(foto: Cindy/TIMESIndonesia)

"Untuk program kolaborasi ini masa berlakunya LOI, 5 tahun. Penelitianya untuk mengawali, sesuai ide dari mahasiswa yang akan dibuat untuk tugas akhir mereka," kata Yudi.

Dalam sambutannya Prof. Dr. Rizalman Mamat Mengajak mahasiswa dan dosen ITN untuk berkunjung ke UMP guna melihat proses pengajaran dan proses untuk menghasilkan jurnal penelitian secara langsung. 

"Peluang terbuka untuk ITN Malang yang mau berkunjung dan berkenalan dengan dosen-dosen kami yang berasal dari dari banyak negara dan kami menyediakan akomodasi untuk dosen dan mahasiswa yang berkunjung ke UMP," ungkapnya. 

Ia juga menambahkan jika UMP memiliki fasilitas dan dana yang untuk melakukan riset yang perlu di manfaatkan negara serumpun yang bekerjasama dengan UMP salah satunya ITN.  

Sementara itu, dalam pemaparannya, Rektor ITN Dr. Ir. Lalu Mulyadi mengungkapkan target-target dari ITN, khususnya pada Jurusan mesin untuk melakukan peningkatan akreditasi dan diadakannya seminar-seminar internasional. 

"Saya harap untuk tahun ini ITN akan mengadakan seminar internasional supaya kita lebih terbuka kepada dunia luar dan media" ungkapnya.

Acara yang berlangsung di ruang sidang Fakultas Teknologi Industri, Kampus II ITN Malang ini, juga dihadiri para dosen Fakultas Teknologi Industri dan Direktur Pasca Sarjana serta Ketua lembaga terkait. 

Acara dilanjutkan dengan prosesi penandatanganan LOI oleh Rektor ITN Dr. Ir.  Lalu Mulyadi, MT., Prof. Dr.  Rizalman Mamat serta Dr. Ir. Yuli Limpraptono, MT. Dan pemberian cinderamata serta foto bersama.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES