Pendidikan

Teliti Keong Mas, Mahasiswa Polije Kembangkan Telur Ayam Tinggi Antioksidan

Minggu, 06 Agustus 2017 - 19:30 | 117.70k
Hasil telur ayam yang diberi campuran suplemen keong mas. (Foto: Angga/Times Indonesia)
Hasil telur ayam yang diberi campuran suplemen keong mas. (Foto: Angga/Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mahasiswa Politeknik Negeri Jember (Polije) Jawa Timur, menemukan suplemen untuk meningkatkan kandungan gisi dan antioksidan pada telur ayam arab.

Uniknya, suplemen tersebut dibuat dari hama pertanian yaitu telur keong mas.

"Suplemen dari telur keong mas ini memiliki banyak sekali karotenoid yaitu pigmen warna, yang akan mempengaruhi kuning telur. Dan juga memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dibutuhkan oleh manusia," ujarnya Abdul Rouf mahasiswa jurusan peternakan Polije yang melakukan penelitian ini, Minggu (6/8/2017).

Dalam membuat suplemennya Rouf menjelaskan, bahwa telur keong yang sudah dikumpulkan di sawah kemudian dibersihkan lalu ditiriskan. setelah itu,ditumbuk secara manual sampai halus dan terakhir di oven hingga kering.

"Setelah di oven akan menghasilkan tektur yang kering, kemudian diayak untuk menggambil bagian yang halus seperti tepung dan siap dicampurkan oleh pakan ternak," imbuhnya.

Dari hasil pengamatan Rouf,bila ayam petelur ini mengkonsumsi telur keong mas ini maka kuning telur yang dihasilkan akan lebih pekat warnanya.

"Semakin pekat warna kuning telur, hingga orange kemerahan maka kandungan karotenoidnya tinggi dan antioksidannya juga. Antioksidannya akan bekerja untuk menangkal radikal bebas," jelasnya.

Untuk mencampurkan suplemen dengan pakan Rouf memiliki empat karateristik, untuk membentuk warna pada kuning telur kemerahan yaitu 0 persen, 4 persen, 8 persen dan 12 persen.

"Bila mau warna kuning lebih pekat bisa dengan takaran misal 10 kilo pakan ditambah 400 gram suplemen ini menghasilkan karateristik 4 persen, begitu seterusnya," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES