Wisata

Wendit, Sumber Air Suci Para Dewa

Minggu, 06 Agustus 2017 - 08:15 | 389.99k
Kolam Wisata Wendi. (Foto: Monster Bego)
Kolam Wisata Wendi. (Foto: Monster Bego)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Malang Jawa Timur sejak dahulu dikenal dengan daerah yang sejuk dan Indah. Tak heran di zaman kolonial Malang selalu dijadikan tempat peristirahatan. 

Berkunjung ke Malang akan disuguhi banyak sekali wisata, baik itu wisata alam maupun wisata buatan. Wisata alam, Malang memiliki spot wisata yang beraneka ragam. 

Salah satunya Taman Wisata Wendit. Taman wisata ini sebenarnya sumber mata air yang kini menjadi lokasi wisata unggulan Malang. 

Ada kisah menarik pada wisata Wendit ini. Konon air di Wendit merupakan air suci para dewa. Nama Wendit sendiri berasal dari kata wendito yang berarti pendito atau pendeta. Sebuah cerita mengatakan bahwa sumber air Wendit muncul karena pergeseran gunung Widodaren. 

Pergeseran tersebut menyebabkan banyak wilayah yang kekeringan hingga akhirnya seorang pendeta melakukan semedi di wilayah Mangliawan dan muncul sebuah sumber air yang diberi nama sebagai Wendit.

"Di Wendit ini, khususnya di Sendang Widodaren sering digunakan ritual. Setiap tahun, ada 4 ritual berbeda yang dilangsungkan di sini," kata juru kunci Sendang Widodaren, Mbah Sholeh.

Pertama adalah Grebeg Tirto Aji. Masyarakat Suku Tengger dari 4 daerah, yakni Malang, Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang, menggelar ritual ini setiap Kamis Pahing bulan Rajab penanggalan Jawa. Warga Tengger mengambil air sendang untuk dibawa pulang agar ladangnya subur dan panen berlimpah.

Ritual lainnya adalah Bersih Desa oleh masyarakat Desa Mangliawan. Selanjutnya, ritual Jamasan atau mencuci keris oleh pencinta keris, serta Grebeg Suro saat 1 Suro.

Air di kolam pemandian Wendit ini diyakini berasal dari sumber mata air di Gunung Arjuno, Gunung Semeru, Gunung Bromo dan Gunung Kawi. Wendit menjadi lokasi pertemuan air yang mengalir dari gunung itu.

"Mandi di Wendit dipercaya dapat membuat awet muda," tambahnya. 

Selain pemandian yang sangat tua, satu hal yang menarik adalah monyet-monyet yang berada di wilayah Wendit. Berdasar cerita masyarakat sekitar, jumlah monyet ini tidak akan pernah bertambah dan berkurang dari masa ke masa. 

Monyet ini disebut sebagai utusan dari sebuah kerajaan di Tengger untuk melindungi sumber mata air di Wendit tersebut.

Uniknya lagi pada malam-malam tertentu, monyet-monyet itu akan turun ke kolam dan bermain air. Seakan sudah jinak, monyet juga tak pernah mengganggu pengunjung. 

Taman wisata Wendit ini perpaduan wisata alam dan modern. Sebab ada beberapa kolam yang alami dan kolam buatan yanh telah disulap menjadi area permainan air atau waterboom. 

Pohon-pohon berusia ratusan tahun yang menjulang tinggi, membuat lokasi wisata ini teduh dan rimbun. 

Penasaran? Taman wisata Wendit ini terletak di Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Sekitar 8 Km dari pusat Kota Malang. Lokasinya terletak di tepi kanan jalan utama arah ke Gunung Bromo melalui Tumpang Poncokusumo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES