Gaya Hidup

Atasi Bau Mulut Setelah Minum Kopi dengan Cara Ini

Minggu, 06 Agustus 2017 - 06:28 | 94.98k
ILUSTRASI. Minum kopi. (Foto: fitlive.tv)
ILUSTRASI. Minum kopi. (Foto: fitlive.tv)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kopi adalah salah satu minuman paling populer bagi banyak orang. Kopi membuat orang terjaga dan memberikan dorongan energi yang diperlukan untuk hari itu. Namun, terlalu sering minum kopi juga dapat menyebabkan bau mulut. Mengapa kopi dapat menyebabkan bau mulut?

Ini karena kafein dari kopi akan mengering di dalam mulut. Saat mulut tidak menghasilkan cukup air liur, mulut menjadi berbau karena air liur dapat membunuh bakteri di mulut. Tanpa air liur, bakteri tumbuh dan menyebabkan bau mulut. Partikel makanan yang tersisa di mulut, yang normalnya dibersihkan oleh air liur, juga mengurai dan menimbulkan bau.

Meski dapat menyebabkan bau mulut, Anda pecinta kopi tak perlu khawatir. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan jika Anda mengalami hal ini. Berikut cara mengatasi bau mulut usai minum kopi, dilansir dari Hello Sehat.

Menyikat gigi
Cara ini adalah cara tercepat untuk menghilangkan bau mulut karena kopi. Selain menyikat gigi, bersihkan juga lidah Anda dengan cara menyikat lidah. Anda juga bisa menggunakan mouthwash alias obat kumur.

Teh Hijau
Ekstrak teh hijau dapat menghilangkan bau sulfur yang dihasilkan kopi. Menurut sebuah ulasan di Journal of Oral Biology. Para ahli menyatakan bahwa teh hijau membantu menstimulasi produksi air liur yang membantu membersihkan gigi setelah makan (atau minum kopi bergula).

Apel
Ide lain yang cepat dan mudah untuk membuat mulut memproduksi lebih banyak air liur adalah dengan makan apel. Buah ini mengandung enzim penghasil air liur atau melawan bakteri penyebab bau.

Selain ketiga hal di atas, Anda juga bisa mengatasi bau mulut usai minum kopi dengan konsumsi teh jahe atau makan yogurt. Keduanya merupakan makanan dan minuman yang mengandung sifat anti bakteri dan dapat mengatasi bau mulut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES