Indonesia Positif

Hebat, UWG Kembali Mendapat Hibah PBBT

Sabtu, 05 Agustus 2017 - 10:52 | 59.54k
Pembekalan kewirausahaan bagi calon peserta Program Belajar Bekerja Terpadu (PBBT) Sabtu (5/82017) (Foto: ajp.TIMES Indonesia)
Pembekalan kewirausahaan bagi calon peserta Program Belajar Bekerja Terpadu (PBBT) Sabtu (5/82017) (Foto: ajp.TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kampus Inovasi Universitas Widyagama Malang mendapatkan hibah PBBT (Program Belajar Bekerja Terpadu) dari Kemristek Dikti. Hibah ini raihan untuk ke 4 kalinya.

Dibawah kendali P2K (Pusat Pengembangan Kewirausahaan), hari ini Sabtu (5/82017) dilakukan pembekalan kewirausahaan bagi calon peserta.

Diikuti oleh 25 peserta, PBBT untuk UWG tahun ini hanya untuk 10 mahasiswa. Oleh karena itu setelah pembekalan ini akan dilakukan seleksi.

"Program ini bertujuan untuk membekali mahasiswa akan dunia usaha dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan. Syaratnya antara lain sudah menempuh 110 sks atau minimal sudah semester 7 dan bersedia mengikuti program ini selama 3 bulan, artinya sampai selesai,"  jelas Ketua P2K, yang juga Direktur LSP UWG, Dra. Wiwin Purnomowati, MSi.

PBBT-Uwiga-2iXwq4.jpg

Tahun ini, hanya 40 PT yang memperoleh hibah PBBT. Di Malang hanya ada 2, salah satunya adalah UWG.  "Kali ini kita bekerjasama dengan 10 mitra yaitu Utero Advertising, Wijaya Net,  Rodeo Fresh, CV Kajeye Food,  Marwa Print,  Toga Vitan, Toko Oleh-oleh Firdaus dan Yan Keramik. Mitra tersebut beberapa diantaranya adalah milik alumni," papar Wiwin yang pada tahun 2016 kemarin dipercaya sebagai salah satu reviewer program yang sama, dulu berlabel COOP.

Ia menambahkan nantinya peserta PBBT akan belajar bekerja ditempat mitra selama 7 jam perhari selama 3 bulan dan akan menerima kompensasi keuangan.

Disamping mendapat pengawasan dari mitra, P2K juga akan mengawasi kinerja mahasiswa di tempat mitra dengan menunjuk 3 orang mentor yaitu Ir. Enny Sumaryati, MP, Dra. Endah Puspitosarie, MSi, dan Dra. Dwi Anggarani,  MM,  Ak. Para mentor akan memonitor kinerja peserta 2 kali dalam seminggu dengan mendatangi mitra kerja.

"Kali ini pengawasan akan dilakukan lebih ketat. Bukan karena tidak percaya kepada peserta tetapi lebih kepada pendampingan dan pemberian motivasi kepada peserta," ujar Wiwin, dosen Fakultas Ekonomi yang sering diundang untuk sharing tentang program ini dan pengelolaan kewirausahaan kampus oleh banyak PTS di Pulau Jawa.

Sementara itu Warek III,  Dr. Agus Tugas Sudjianto, ST., MT., mewakili Rektor UWG, berharap mahasiswa aktif mencari informasi dan memanfaatkan peluang yang sekarang banyak diberikan oleh pemerintah melalui Kemristek Dikti dan lembaga-lembaga pemerintah yang lain.

"Bagi yang nantinya tidak lolos dalam program ini,  tidak perlu berkecil hati. Masih banyak peluang mendapatkan ilmu bila saudara aktif mencari dan bertanya," kata Agus Tugas dalam sambutannya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES