Indonesia Positif Ketahanan Informasi Pendidikan

Mahasiswa Unikama Paparkan Peran Penting Pemuda Desa

Kamis, 03 Agustus 2017 - 14:53 | 95.10k
Mahasiswa KKN Universitas Kanjuruhan Malang di Balai Dusun Sumberjo Desa Badungrejo Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. (Foto: ajp. TIMES Indonesia)
Mahasiswa KKN Universitas Kanjuruhan Malang di Balai Dusun Sumberjo Desa Badungrejo Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. (Foto: ajp. TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Pendidikan

TIMESINDONESIA, MALANG – Salah satu tujuan kuliah kerja nyata (KKN) adalah membangun desa. Berbicara mengenai pembangunan sebuah desa adalah hal yang menarik. Karena desa harapan kemajuan sebuah bangsa.

Potensi desa yang sangat tepat untuk menjadi penggerak desa adalah pemuda. Pemuda memiliki peranan penting dalam pembangunan desa.

Bercermin akan hal itu, KKN universitas Kanjuruhan Malang menggelar Diskusi Pemuda Desa (DPD), Selasa (1/8/2017) yang berlangsung di Balai Dusun Sumberjo Desa Badungrejo Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. Puluhan pemuda desa dan perangkat dusun hadir memenuhi Balai Dusun.

KKN-Unikama-B4BTb2.jpg

Kegiatan yang diinisiasi mahasiswa KKN Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) menghadirkan Alumni Unikama sebagai pembicara, Romadhon, A.Ma.Pd.,S.Pd.,M.Pd.

Dalam peparannya, persoalan yang dihadapi pemuda di era Digital ini lebih pada kemerosotan moral. Selain itu, soal penyalahgunaan narkoba, dan anarkisme juga menjadi faktor penghambat kemajuan sebuah desa.

"Maju dan tidaknya sebuah desa bergantung pada keterlibatan pemudanya. Bagaimanapun juga pemuda memiliki peranan penting dalam mengembangkan desanya," tutur pria yang saat ini juga menjabat sekretaris umum PP. Ikaba Unikama.

Sebelum mengakhiri paparanya, Dosen pengampu Matakuliah Pendidikan Jati Diri ini memberikan beberapa strategi dalam kaitannya pemuda dalam membangun desa.

KKN-Unikama-AuyAT.jpg

Diantaranya mengetahui permasalahan yang muncul di desa, menyiapkan konsep atau solusi permasalahan, menyiapkan pelaku dan pendanaan, dan membentuk tim penggerak pembangunan desa.

"Oleh karenanya, desa yang maju adalah harapan semua masyarakat, desa madani adalah awal peradaban bangsa yang madani, maka pemuda adalah harapan sebuah kemajuan desa dan bangsa pd umumnya. Indonesia bangkit pemuda membangun negeri," tegasnya.

Ahmad Aris Arfian, ketua panitia berterimakasih pada keterlibatan alumni Unikama yang mau berbagi pengalaman dalam pemberdayaan pemuda. "Khususnya pemuda disini agar lebih kreatif dan responsif dalam menyikapi permasalahan yang ada didesa," harapnya.

Sementara itu kepala Dusun Parmin, menuturkan adanya kegiatan seperti ini sangat membantu dalam menata desa yang lebih maju terutama keterlibatan pemuda dalam membangun desa ke depannya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES