Kuliner

Ini Tips Memasak untuk Memberikan Rasa Asin Gurih pada Makanan

Kamis, 03 Agustus 2017 - 06:11 | 285.78k
ILUSTRASI - Tips memasak sedap (Foto: seruni)
ILUSTRASI - Tips memasak sedap (Foto: seruni)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Garam salah satu bumbu yang paling penting dalam sebuah masakan. Kini garam menjadi sangat istimewa, sebab harganya yang mendadak naik. Pasokan garam dalam negeri di klaim pemerintah tidak mencukupi, sehingga ekspor garam dilakukan.

Makanan tanpa garam tentunya akan terasa hambar. Sebenarnya, rasa asin tidak hanya bisa diperoleh dari penggunaan garam. Meski tidak semaksimal dengan hanya menggunakan garam, sejumlah bahan pangan lainnya pun memiliki fungsi yang sama untuk melezatkan dan memberikan cita rasa asin sebuah masakan.

Mengutip dari Epicurious dan Health , setidaknya ada 9 bahan yang bisa Anda gunakan untuk menggantikan garam pada masakan. Simak ulasannya berikut.

Keju Feta

Produk susu seperti keju punya cita rasa gurih alami. Ini bisa Anda manfaatkan untuk jadi campuran pada masakan yang Anda buat. Terlebih pada keju feta yang cukup fleksibel diolah menjadi bermacam sajian lezat. Keju feta teksturnya cenderung lebih lunak, sehingga mudah berpadu jika dimasak. Seperti pasta atau sayuran tumis cocok dicampur keju feta.

Parmesan

Berbeda dengan keju feta yang memberi rasa gurih. Parmesan cocok dipadukan pada makanan dan memberi kesan gurih serta ada nuansa cheesy. Jika olahan pasta atau cream soup terasa hambar, Anda bisa menambahkan taburan parmesan sebagai penambah rasa.

Zaitun

Buah zaitun juga mampu menambah rasa gurih pada hidangan. Anda bisa memotong dadu buah zaitun hijau atau pun hitam, kemudian ditumis bersama saus. Tanpa tambahan garam pun hidangan yang Anda buat dengan zaitun ini akan lebih terasa gurih alami. Atau bisa juga segenggam zaitun direbus bersama daging, niscaya dagingnya akan terasa gurih.

Ikan teri

Tak hanya menambah rasa gurih, campuran ikan teri ke dalam hidangan juga dapat memberi kesan gurih dan lebih sedap. Bahkan pada sajian tertentu rasanya akan berpadu dan berubah jadi umami meski tanpa penggunakan MSG atau pun penyedap rasa.

Bacon

Secara alami, bacon sudah punya rasa gurih. Perlu diketahui, jika Anda menggunakan bacon sebagai lauk atau tambahan pada hidangan yang Anda buat, makanan itu tak perlu lagi diberi tambahan garam. Pasalnya bacon sudah punya rasa gurih dan akan rasanya akan menyebar jika dimasak bersamaan dengan bumbu lain. Semisal sup, saus atau makanan yang direbus.

Menambah rempah-rempah

Cara terbaik untuk meningkatkan cita rasa makanan adalah menggunakan rempah-rempah yang lebih banyak. Terlebih Indonesia kaya akan rempah-rempah. Lada hitam, oregano, dan campuran rempah-rempah bisa Anda jadikan pilihan. Terlebih, rempah-rempah adalah makanan bebas kalori. Jadi, Anda bisa menambahkannya sesuai keinginan Anda.

Menambah rasa asam

Untuk menyiasati rasa pada makanan yang tidak diberi garam, Anda bisa menambahkan cuka anggur merah atau balsamic ke makanan seperti pasta dan salad. Anda juga bisa menggunakan perasan jeruk pada ayam panggang agar ketika digigit daging ayam memiliki rasa yang tajam.

Menaburi rumput laut

Rumput laut biasanya digunakan untuk membuat sushi atau es buah. Tapi tahukah Anda bahwa ternyata rumput laut bisa menawarkan rasa yang unik pada hidangan makanan? Bubuk rumput laut bisa Anda dapatkan di toko bahan makanan.

Mengubah teknik memasak

Teknik memasak yang Anda gunakan berpengaruh pada cita rasa makanan. Alih-alih hanya mengukus sayuran, Anda bisa mencoba untuk memasaknya lebih lama atau memanggang. Cara ini bisa meningkatkan cita rasa makanan dan mengubah teksturnya. Ini bisa diterapkan ke masakan apa saja selain sayuran.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES