Indonesia Positif Ketahanan Informasi Pendidikan

Asyiknya Belajar Pakai Gadget

Rabu, 02 Agustus 2017 - 13:33 | 48.24k
Foto: TIM AJP TIMES Indonesia
Foto: TIM AJP TIMES Indonesia
FOKUS

Ketahanan Informasi Pendidikan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Banyak sekolah melarang anak didiknya membawa handphone, namun hal itu tidak berlaku bagi siswa di SMA Islam Kepanjen Malang. 

Di sekolah itu siswa diberi kebebasan menggunakan hp untuk belajar. Khususnya untuk mata pelajaran biologi. 

Fasilitas wi-fi di SMA Islam Kepanjen memudahkan siswa untuk berselancar mencari bahan tambahan materi pelajaran. Ada lima titik wi-fi yang terhubung selama 24 jam. Jadi siswa dapat menggunakannya baik pada jam pelajaran maupun diluar jam pelajaran. 

Meski telah ada buku paket yang menunjang kegiatan belajar mengajar, penggunaan hp untuk menambah dan memperluas pengetahuan siswa. 

sma-islam-kepanjen1fEPc.jpg

Hj Dyah Lussi Praharini,  M. Pd guru mata pelajaran Biologi mengatakan belajar dengan menggunakan hp bukannlah hal yang menghambat proses belajar, justru sebaliknya dapat mempercepat mereka mendapatkan informasi yang diperlukan untuk belajar.

"Beragamnya informasi yang disajikan sosial media membuat siswa sering bertanya pada guru, apakah informasi yang mereka dapatkan benar atau salah, atau bertanya tentang tugas yang mereka kerjakan," terangnya. 

Hal ini juga akan membentuk kedekatan siswa dengan guru dan meningkatkan ketrampilan bertanya pada siswa. 

Ia menambahkan belajar dengan memanfaatkan fasilitas wi-fi di sekolah membuat siswa menjadi siswa yang lebih mandiri. Mengerti tantangan dunia abad 21, tidak terbelenggu hanya pada satu informasi saja. 

Harapan guru dengan belajar menggunakan hp, proses belajar menjadi tidak membosankan, kedekatan siswa dengan guru terjalin dan yang lebih penting siswa tidak gagap teknologi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES