Peristiwa Nasional MTQ Mahasiswa Nasional 2017

UB Pecahkan Rekor Khotmil Quran 7 Hari Non Stop

Rabu, 02 Agustus 2017 - 12:47 | 61.88k
Subscribe TIMES TV KLIK
FOKUS

MTQ Mahasiswa Nasional 2017

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penyelenggara Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) XV 2017 berhasil memecahkan rekor MURI Khotmil Quran 7 Hari Non Stop, Rabu (2/8/2017).

Pemecahan rekor MURI ini, dipecahkan oleh 2222 hafidz, dengan mengkhatamkan Al Quran 71 kali. Pemecahan ini dimulai 26 Juli 2017 Pukul 10.06 WIB hingga 2 Agustus 2017 pukul 10.23 WIB di masjid raden Patah, kampus Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur.  Pemecehan rekor diawali dan diakhiri dengan pembacaan Al Quran oleh Rektor Universitas Brawijaya (UB), Prof Dr Ir M Bisri MS.

Ketua panitia MTQMN XV, Muwafik Saleh menyebutkan, rekor membaca Al Quran 7 hari non stop menghasilkan 71 kali khatam. Jumlah ini terdiri dari khatam 60 kali secara bil nadhor atau membaca mushaf dan 11 kali secara bil ghaib atau menghafal. 

MURI-Khotmil-MTQ-Mahasiswa-Nasional-2QH947.jpgKhataman massal jelang penganugerahan rekor muri Khotmil Quran 7x24 jam yang digelar di Masjid Raden Patah UB, Malang, Selasa (2/8/2017). (Foto: Senda/TIMES Indonesia)

"Lamanya pembacaan mencapai 168 jam 10.080 menit 6,004 detik, atau 7 kali 24 jam lewat 17 menit," katanya.

Lebih lanjut, Muwafik juga menyebutkan kegiatan ini didikuti oleh 143 hafidz dan 42 sekolah seMalang Raya. Ada pula peserta terkecil berusia 6 tahun, dari SDI Alzhar Kota Malang, Audi Nurul Fatimah dan dua hafidz luar negeri, Ibrahim Tholib dari Libya dan Ahmad Mahmud Muhammad dari Somalia.

Penyerahan rekor ini, diberikan langsung oleh Eksekutif Manajer MURI, Sri Widayati kepada Ketua Pelaksana, Muwafik Saleh di Masjid Raden Patah UB. Setelah itu, Ketua Panitia menyerahkannya ke Rektor UB, Prof Dr Ir M Bisri MS.

MURI-Khotmil-MTQ-Mahasiswa-Nasional-3OJ17e.jpgKhataman massal jelang penganugerahan rekor muri Khotmil Quran 7x24 jam yang digelar di Masjid Raden Patah UB, Malang, Selasa (2/8/2017). (Foto: Senda/TIMES Indonesia)

Eksekutif Manajer MURI, Sri Widayati menyampaikan selamat atas keberhasilan UB, kembali mencatatkan namannya ke MURI. Ia mengatakan selama 2004 hingga saat ini, UB sudah mencatatkan rekor MURI sebanyak 9 kali.

"Kami ucapkan selamat atas prestasi UB, dan semoga ini bisa melestarikan budaya rohani, mengaji Alquran," katanya.

Seperti yang diketahui, MTQMN XV yang berlangsung di UB dan Universitas Negeri Malang (UM), dimeriahkan berbagai kegiatan. Salah satunya pemecahan rekor MURI Khotmil Quran dan kegiatan pendukung lainnya seperti, diantaranya Brawijaya Bersholawat, Tabligh Akbar dan Lailatuk Qiroah.

Dalam kegiatan ini, TIMES Indonesia menjadi media patner nasional bersama Republika, Antara, dan TV One. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES