Kesehatan

Cegah Pikun saat Tua dengan Cara Ini

Rabu, 02 Agustus 2017 - 05:31 | 35.60k
ILUSTRASI. Pikun di usia tua. (Foto: psikologiunik.info)
ILUSTRASI. Pikun di usia tua. (Foto: psikologiunik.info)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Usia semakin tua, kemampuan sel-sel otak akan berkurang sehingga dapat membuat ingatan menurun. Orang sering menyebutnya sebagai pikun. Namun, kondisi tersebut sebenarnya dapat dicegah sejak dini.

Dilansir dari Klik Dokter, sebuah penelitian mengatakan bahwa minyak ikan yang kaya asam lemak omega-3, khususnya DHA, memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan otak yang berhubungan dengan memori. Bahkan dapat mencegah kemungkinan terjangkitnya penyakit Alzheimer.

Rendahnya DHA pada seseorang dikatakan berhubungan dengan depresi, autisme, dan skizofrenia.

Ahli diet dan gizi, Dr. Carrie Ruxton, menyatakan bahwa minyak ikan tidak hanya mendukung perbaikan memori seseorang. Minyak ikan juga mampu mengurangi penurunan fungsi kognitif, dan ini penting untuk mencegah pikun pada usia lanjut.

Begitu banyak penelitian yang sedang dilakukan untuk mendalami keunggulan dari minyak ikan. Namun, untuk efek pencegahan pikun masih diperlukan pengkajian lebih lanjut.

Jika Anda tak terbiasa mengonsumsi minyak ikan atau ikan, asam lemak omega-3 tetap dapat diperoleh dari makanan lainnya. Seperti kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran hijau, telur, susu sapi, dan susu kedelai.

Pemilihan minyak makanan yang mengandung asam lemak omega-3 juga dapat dilakukan. Contohnya minyak zaitun, minyak kanola, dan minyak kedelai.

Agar tak kena pikun di saat tua, konsumsilah makanan-makanan yang kaya asam lemak omega-3. Salah satunya minyak ikan. Namun ingat, imbangi minyak ikan ini dengan pola makan yang sehat dan seimbang agar manfaatnya lebih optimal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES