Kesehatan

Awas 4 Bahan Makanan ini Haram Masuk Kulkas

Rabu, 02 Agustus 2017 - 04:33 | 169.21k
Madu, salah satu makanan yang diharamkan masuk ke dalam kulkas. (Foto: Familinia)
Madu, salah satu makanan yang diharamkan masuk ke dalam kulkas. (Foto: Familinia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Lemari es atau kilkas sejatinya digunakan untuk mengawetkan makanan atau minuman. Hawa dingin di dalam kulkas dapat memperlambat pembusukan sayur san berbagai makanan juga minuman. 

Meski demikian tak serta merta semua makanan dan minuman dapat dimasukkan ke dalam kulkas. Bukannya makin awet atau tahan lama, beberapa bahan makanan itu malah rusak atau bahkan hilang cita rasa aslinya. 

Nah makanan apa saja yang diharamkan masuk ke dalam kulkas? 

Madu

Jika disimpan di lemari es, madu akan mulai mengkristal secara perlahan dan berubah menjadi kental serta tebal. Jika tekstur madu sudah mengeras maka jangan harap bisa menikmatinya dalam bentuk cair. Madu paling ideal disimpan dalam lemari bersih dengan suhu ruang.

Buah mengkal

Membeli buah yang masih mengkal tentu perlu waktu untuk disimpan hingga matang. Jangan coba-coba menyimpannya dalam lemari es karena buah tidak akan pernah bisa matang. Simpan buah dalam suhu ruang selama satu atau dua Hari sanpai teksturnya empuk dan matang perlahan.

Saus

Sebagai pencinta kentang goreng atau sayap ayam goreng pasti tahu betapa nikmatnya sensasi menyantap makanan dengan cocolan saus. Saat menyimpannya, saus tidak perlu ditaruh dalam lemari es, cukup simpan dalam suhu ruang. Sebab saus akan mudah menggumpal bahkan mengering. 

Minyak

Apapun jenis minyaknya, bahan ini tidak boleh disimpan dalam lemari es. Minyak akan membeku bahkan mengeras seperti layaknya mentega. Cukup simpan minyak dalam suhu ruang yang sejuk.

Kopi

Biji kopi ataupun kopi bubuk siap seduh paling aman disimpan dalam suhu ruang dengan wadah kedap udara. Memasukkan kopi dalam lemari es sama saja seperti membuang aroma dan rasanya. Selain akan kehilangan kenikmatan, kopi yang disimpan dalam lemari es juga akan menyerap bau sehingga kopi bisa kehilangan aroma dan rasa aslinya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES