Gaya Hidup

Ini Waktu yang Tepat Bayi Tidur Sendiri

Rabu, 02 Agustus 2017 - 02:19 | 63.53k
ILUSTRASI. Bayi tidur nyenyak. (Foto: sleeppeaconsulting.com)
ILUSTRASI. Bayi tidur nyenyak. (Foto: sleeppeaconsulting.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tidur bersama bayi memang memiliki manfaat tersendiri, namun sebuah penelitian menunjukkan bahwa membiarkan bayi tidur sendiri bisa membuatnya tidur lebih lama. 
Lalu usia berapa sebaiknya bayi tidur sendiri?

Dilansir dari The Asian Parent, sebuah studi terbaru yang dipublikasikan di Jurnal Pediatrics menyatakan, usia terbaik bayi untuk bisa tidur sendiri di kamarnya adalah 4 bulan.

Ian Paul, pemimpin dalam studi ini beserta timnya menganalisa data dari 230 keluarga, yang berpartisipasi secara acak dan mengikuti pemeriksaan terkontrol selama 2 tahun.

Setengah dari para ibu yang menjalani pemeriksaan ini, didorong untuk memindahkan bayi mereka ke kamar lain yang diperuntukkan bagi anak mereka setelah umur setahun.

Sementara 50 persen ibu lainnya menerima saran intensif dari petugas kesehatan yang datang ke rumah mereka. Dan memberikan nasihat untuk mengurangi risiko SIDS, dengan mengubah kamar tidur menjadi lebih aman untuk bayi.

Para peneliti menemukan hasil yang mengejutkan dari studi ini. Bayi yang tidur sendiri di kamar mereka di usia 4 bulan, secara umum memiliki durasi tidur yang lebih lama. 

Bayi yang tidur bersama orangtua hingga usia 9 bulan, memiliki rata-rata waktu tidur 9,75 jam per malam. Sedangkan bayi yang tidur sendiri sejak usia 4 bulan, memiliki waktu tidur rata-rata 10,5 jam per malam. Dan 10 jam bagi bayi yang mulai tidur sendiri pada usia antara 4 dan 9 bulan. 

Meski demikian, membiarkan bayi tidur bersama orangtua atau tidur sendiri adalah pilihan para orang tua. Yang terpenting adalah kenyamanan orang tua dan bayi agar dapat tidur nnyenyak. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES