Ekonomi

Komponen Biaya Pendidikan Sumbang Inflasi Juli 2017

Selasa, 01 Agustus 2017 - 17:26 | 190.62k
Sumber: BIRO PUSAT STATISTIK 2017
Sumber: BIRO PUSAT STATISTIK 2017

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Biro Pusat Statistik mencatat inflasi pada Juli 2017 sebesar 0,22 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 130,00.

Menurut data BPS, inflasi kali ini banyak disumbang oleh naiknya sebagian besar indeks kelompok pengeluaran, yaitu: kelompok bahan makanan sebesar 0,21 persen; kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau sebesar 0,57 persen; kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar sebesar 0,06 persen; kelompok sandang sebesar 0,06 persen; kelompok kesehatan sebesar 0,15 persen; dan kelompok pendidikan, rekreasi, dan olahraga sebesar 0,62 persen.

Inflasi-2K3S4q.jpg

Sementara itu, kelompok pengeluaran yang mengalami penurunan indeks adalah kelompok transpor, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,08 persen.

"Inflasi Juli lebih dipengaruhi oleh inflasi inti, yaitu kenaikan harga makanan jadi dan biaya pendidikan," kata Kepala BPS Suhariyanto dalam jumpa pers di kantor BPS Jakarta, Selasa (1/8).

Tercatat, komponen inflasi inti dalam periode ini menyumbang inflasi 0,26 persen, diikuti harga bergejolak (volatile food) 0,17 persen dan harga diatur pemerintah (administered prices) 0,07 persen.

"Pengaruh 'administered prices' sudah tidak ada lagi, karena tidak ada lagi penyesuaian harga tarif dasar listrik yang terakhir dirasakan pada Juni. Untuk 'volatile food' juga bergejolak tipis," ujarnya.

Dari kelompok pengeluaran, inflasi terbesar pada Juli 2017 terjadi di kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga yaitu 0,62 persen, karena adanya tahun ajaran baru.

"Inflasi terjadi karena adanya tahun ajaran baru, terutama dipengaruhi oleh uang sekolah SD, uang sekolah SMA dan tarif bimbingan belajar yang menyumbang inflasi masing-masing 0,01 persen," katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES