Peristiwa Nasional MTQ Mahasiswa Nasional 2017

Workshop Kaligrafi Hadirkan Penulis Mushaf Istiqlal

Minggu, 30 Juli 2017 - 21:44 | 103.67k
Para peserta workshop kaligrafi menyimak pengajaran KH M Faiz Abdur Rozaq Lc, mengenai penulisan kaligrafi yang benar dan indah di Aula Fakultas Sastra, UM, Jawa Timur, Minggu (30/7/2017). (Foto: Senda/TIMES Indonesia)
Para peserta workshop kaligrafi menyimak pengajaran KH M Faiz Abdur Rozaq Lc, mengenai penulisan kaligrafi yang benar dan indah di Aula Fakultas Sastra, UM, Jawa Timur, Minggu (30/7/2017). (Foto: Senda/TIMES Indonesia)
FOKUS

MTQ Mahasiswa Nasional 2017

TIMESINDONESIA, JAKARTA – KH M Faiz Abdur Rozaq,  seorang penulis mushaf Istiqlal (Al-Quran terindah di dunia) hadir mengisi acara melukis kaligrafi dalam rangkaian Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) XV tahun 2017 di Malang, Jawa Timur.

Dalam acara ini, Faiz berbagi tips melukis kaligrafi menggunakan kayu handam dalam workshop kaligrafi MTQMN XV 2017 di gedung Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (UM), Minggu (30/07/17).

Handam berasal dari sejenis tumbuhan paku yang  diolah sedemikian rupa, diraut dan dipoles dengan teknik tertentu serta digunakan sebagai alat untuk membuat kaligrafi. 

"Handam itu pena kaligrafi tradisional khas Indonesia jadi enggak usah jauh-jauh nyari alat buat ngelukis kaligrafi, di Indonesia ini banyak dan hasilnya lebih bagus," ungkap
Faiz.

Sekitar 200 orang hadir untuk mengikuti workshop yang turut mengundang pendiri Sekolah Kaligrafi Al-Quran (SAKAL) Jombang,  Ustadz Athoillah. 

Faiz memulai workshop dengan penjelasan perbedaan tulisan timur tengah yang dianggap lebih ramping dari tulisan Indonesia yang tampak lebih besar.  

Acara kemudian dilanjutkan dengan tata cara melukis huruf hijaiyah menggunakan kayu handam.

Sebagai informasi,  MTQMN XV tahun 2017 digelar di Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang hingga 3 Agustus mendatang. Dalam kegiatan ini, TIMES Indonesia menjadi media partner nasional bersama Antara, Republika dan TV One. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES