Peristiwa Nasional MTQ Mahasiswa Nasional 2017

Indonesia Sebagai Negara Maritim dari Kacamata Al Quran

Minggu, 30 Juli 2017 - 15:43 | 176.89k
Babak penyisihan lomba MTQMN XV 2017 bidang Syarhil Quran yang berlangsung di halaman rektorat UB, Minggu (30/7/2017). (Foto: Senda Hardika/TIMES Indonesia)
Babak penyisihan lomba MTQMN XV 2017 bidang Syarhil Quran yang berlangsung di halaman rektorat UB, Minggu (30/7/2017). (Foto: Senda Hardika/TIMES Indonesia)
FOKUS

MTQ Mahasiswa Nasional 2017

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Salah satu tim peserta Syahril Quran Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) XV 2017, mencoba menafsirkan negara kemaritim melalui kacamata Al Quran.

Tampil di Lapangan Rektorat Universitas Brawijaya, Tim asal STIKES Rumah Sakit Anwar Medika, Minggu (30/7/2017), melantunkan beberapa ayat suci Al Quran tentang kemaritiman. Ayat-ayat suci tersebut ialah, Al Baqarah ayat 164, An Nahl ayat 14, Al Isra ayat 66 dan Al Fathir 12.

"Dan dari masing-masing laut itu kamu dapat memakan daging yang segar dan kamu dapat mengeluarkan perhiasan yang dapat kamu memakainya, dan pada masing-masingnya kamu lihat kapal-kapal berlayar membelah laut supaya kamu dapat mencari karunia-Nya dan supaya kamu bersyukur," kata salah satu peserta membacakan terjemahan QS Al Fathir ayat 12.

Tim STIKES Rumah Sakit Anwar Medika menjelaskan fakta ini mendukung negara Indonesia sebagai negara maritim. Menurutnya, luas negara yang dua per tiga wilayah lautan inu harus bisa dimanfaatkan dengan baik.

babak-penyisihan-MTQ-Mahasiswa-Nasional-2AQK9t.jpgBabak penyisihan lomba MTQMN XV 2017 bidang Syarhil Quran yang berlangsung di halaman rektorat UB, Minggu (30/7/2017). (Foto: Senda Hardika/TIMES Indonesia)

Sesuai dengan kandungan ayat Al Quran, laut merupakan salah satu sumber rezeki bagi umat manusia. Kadungan ikan, mutiara dan tanaman laut sangat banyak dan melimpah di Indonesia.

"Marilah kita menjaga dan melestarikan laut yang diciptakan Allah untuk kita. Kita juga hendaknya terus menyukuri semua nikmat yang telah Allah berikan," sambung peserta lainnya.

Seperti yang diketahui,  setiap tim lomba Syahril Quran ini tediri dari 3 orang yang masing-masing berperan sebagai Qori’, Pensyarah, dan Penerjamah. Setiap tim,  diberikan suatu tema atau topik terkait isu-su sosial dan dalam pandangan Al-Quran.

Dalam kegiatan ini MTQMN XV yang berlangsung di Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang, Kota Malang, Jawa Timur, TIMES Indonesia menjadi media partner nasional bersama Antara, Republika, dan TVOne. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES