Peristiwa Daerah

Pemkab Banyuwangi Sediakan Angkot Gratis untuk Pelajar

Sabtu, 29 Juli 2017 - 21:21 | 134.14k
Moda angkutan transportasi gratis bersubsidi bagi pelajar di Terminal Karangente Banyuwangi, Sabtu (29/7/2017) (Foto: Hafil Ahmad/TIMES Indonesia)
Moda angkutan transportasi gratis bersubsidi bagi pelajar di Terminal Karangente Banyuwangi, Sabtu (29/7/2017) (Foto: Hafil Ahmad/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pelajar di wilayah Kecamatan Kota Banyuwangi, Jawa Timur kini dapat merasakan secara langsung kebijakan subsidi mobil darat (moda) angkutan gratis oleh Pemkab Banyuwangi.

Sedikitnya 32 angkutan kota (angkot) disiapkan untuk melayani mobilitas para pelajar berangkat dan pulang dari sekolah.

Soft launching angkutan pelajar gratis itu, dilakukan oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas bersama Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, di Terminal Brawijaya, Sabtu (29/7/2017).

"Kita trial and error dulu, untuk anak-anak kita agar mempermudah mobilitas mereka ke sekolah. Pasti nanti ada evaluasi, ada masalah yang kurang sempurna, sambil jalan kita evaluasi dan kita sempurnakan. Masih di wilayah kota saja," kata Bupati Anas kepada wartawan.

Angkutan pelajar gratis, lanjut Anas, tidak dibatasi untuk kalangan pelajar tertentu. Mulai dari TK sampai yang kuliah dapat memanfaatkan moda transportasi tersebut.

Adanya moda transportasi yang menggunakan angkot ini juga menjawab keluhan para sopir sepinya penumpang.

“Akhirnya kita beri subsidi kepada angkot dan siswa untuk transportasi melayani pelajar-pelajar kita ke sekolah. Menitannya juga akan terus kita awasi, jika ini baik akan kita kembangkan,” imbuh Anas.

Kepala Dinas Perhubungan Banyuwangi, Kusiyadi menambahkan, trayek transportasi pelajar gratis menyesuaikan dengan rute yang sudah ada. Untuk subsidinya trial and error sampai bulan Desember tahun ini.

“Rutenya menyesuaikan dengan jalur angkot untuk melayani transportasi pelajar. Kita juga menyiapkan petugas untuk memantau, mengawasi angkutan pelajar gratis,” ucap Kusiyadi.

Untuk membedakan dengan angkutan umum yang lain, angkutan pelajar ditandai dengan stiker 'Angkutan Sekolah Gratis' di bagian depan, sehingga mudah dikenali sebagai angkot bersubsidi.

Semua angkot yang telah ditandai stiker hanya boleh menerima penumpang siswa saat jam-jam pergi dan pulang sekolah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES