Pendidikan

M Nasir: Indonesia Harus Kembangkan Kuliah E-Learning

Sabtu, 29 Juli 2017 - 13:15 | 51.44k
Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir. (Foto: Dok. Times Indonesia)
Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir. (Foto: Dok. Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir mengatakan perguruan tinggi di Indonesia harus mengembangkan sistem perkuliahan e-learning atau berbasis teknologi informasi. E-learning bisa dimulai dari perpustakaan yang lebih banyak menyediakan referensi literasi berbasis digital.

"Untuk pembangunan ini, harapannya perpustakaan ke depan adalah beriorientasi pada e-learning, orientasi pada paperless harus mulai kita desain, kita kembangkan lebih baik," kata Nasir dalam acara peletakan batu pertama pembangunan 12 fasilitas Universitas Lambung Mangkurat di Banjarmasin, Sabtu (29/7/2017).

Dia menjelaskan perkembangan perguruan tinggi di masa datang tidak lagi mengandalkan gedung pusat kegiatan dan perkuliahan, melainkan menjadi berbasis teknologi informasi.

"Mimpi perguruan tinggi tidak seperti ini, ke depan pasti jadi classroomless, borderles, sudah berbasis teknologi informasi. Dengan begitu maka ruang kelas jadi tidak penting lagi," lanjutnya.

Dengan perubahan sistem perkuliahan, dia mengingatkan para dosen harus mengubah perilaku dalam sistem pengajaran yang sudah mulai berubah. Sistem perkuliahan nantinya tidak dilakukan di dalam kelas, namun bisa hanya dengan sambungan komunikasi jarak jauh menggunakan komputer yang tersambung internet. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES