Peristiwa - Nasional MTQ Mahasiswa Nasional 2017

MTQ Mahasiswa dengan Peserta Terbanyak Dibuka Malam Ini

MTQ Mahasiswa dengan Peserta Terbanyak Dibuka Malam Ini Rektor Universitas Brawijaya Prof Dr Ir Moh Bisri MS, memberikan sambutan dalam acara pembukaan MTQMN XV2017 yang digelar diUniversitas Brawijajaya, Malang, Jumat (28/7/2017). (Foto: Senda/TIMES Indonesia)
Jum'at, 28 Juli 2017 - 21:44

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) XV Tahun 2017 berlangsung malam ini, Jumat (28/7/2017) di lapangan rektorat Universitas Brawijaya, Kota Malang, Jawa Timur.

Sebanyak 2447 kalifah dari 251 perguruan tinggi (PT) se-Indonesia mengikuti event dua tahunan ini. Para peserta mengikuti 13 cabang musabaqah yang diadakan di dua kampus, Universitas Brawijaya (UB) dan Universitas Negeri Malang (UM).

Rektor Universitas Brawijaya, Muhammad Bisri mengatakan, jumlah peserta ini menjadi yang terbesar dan terbanyak sepanjang sejarah penyelenggaraan MTQ Mahasiswa Nasional. Ia  berharap dengan kegiatan ini, seluruh mahasiswa mampu mengamalkan isi Al Quran.

MTQMNTv9gF.jpg

"Mudah-mudahan mahasiswa seluruh indonesia, mampu mencurahkan isi Al Quran bagi bangsa indonesia," katanya.

Ia menambahkan kegiatan ini juga diharapkan mampu mempererat persatuan mahasiswa muslim se-Indonesia dam mampu meningkatkan pemahaman kandungan isi Al Quran.

"MTQ mahasiswa juga bertujuan untuk meningkatkan syiar dan ukhuwah Islamiyah," ujarnya. 

MTQMN-25js90.jpg

Dalam laporannya, Rektor UB menjelaskan selain lomba akan ada berbagai kegiatan. Salah satunya, pemecahan rekor MURI khataman atau khotmil Qur'an tujuh hari non stop di Masjid Raden Patah UB.

Pada pembukaan malam ini, diserahkan piala juara umum MTQMN dari Universitas Negeri Malang (UM) kepada ketua panitia penyelenggara. UM merupakan juara umum MTQMN XIV yang diadakan tahun 2015 di Jakarta.

Ribuan orang memenuhi lapangan rektorat untuk menyaksikan semarak pembukaan MTQMN XV. TIMES Indonesia merupakan media partner nasional bersama Antara, Republika, dan TVOne. (*)


Jurnalis : Ferry Agusta Satrio
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Registration