Ekonomi Kabupaten Malang Emas

Ini Alasan Terpilihnya Singosari Sebagai Kawasan Ekonomi Khusus

Jumat, 28 Juli 2017 - 18:11 | 154.72k
ILUSTRASI: Candi Singhasari (Foto: Wikipedia)
ILUSTRASI: Candi Singhasari (Foto: Wikipedia)
FOKUS

Kabupaten Malang Emas

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dua daerah di Jawa Timur ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata, Trenggalek dan Kabupaten Malang.

Singosari dipilih untuk menjadi pusat KEK, dengan beberapa pertimbangan. Salah satunya adalah situs Candi Singosari, yang kerap memantik minat wisatawan asing.

"Singosari dipilih karena berada di tengah kawasan sosio kultural. Ada Candi Jago, dan Candi Kidal di Tumpang," beber Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Abdul Malik, Jumat (28/7/2017).

Dia melanjutkan, Singosari dilingkupi kawasan yang strategis untuk menunjang pariwisata. Mulai dari industri yang berada di sekitar kecamatan ini. Mulai dari Karang Ploso hingga Lawang.

"Singosari ini juga pusat budaya, Singosari heritage ada di sini," imbuh Malik.

Selain itu, lanjut dia, Singosari juga dipilih karena dianggap dekat dengan kawasan Bromo, Tengger dan Semeru. Aksesibilitas juga dianggap sangat menunjang.

"Dekat dengan Poncokusumo, kawasan  agribisnis serta pintu gerbang menuju BTS (Bromo Tengger Semeru)," lanjutnya.

Malik menambahkan, kawasan Singosari dipilih menjadi bakal KEK dengan luas 200 hektar, karena semua Perda yang dimiliki Kabupaten Malang untuk rencana ini sangat mendukung.

"Kesesuaian dengan kebijakan provinsi dan tata ruang tata wilayah Kabupaten​ Malang sampai 2030, kami juga memiliki Perda cagar budaya. Semua regulasi sangat menunjang. Malang juga ditetapkan sebagai pusat kegiatan Nasional," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES