Peristiwa Daerah

Berita Pelantikan Prof Mudjia Menyebar, SK Berkata Lain

Jumat, 28 Juli 2017 - 14:32 | 168.63k
Prosesi penandatanganan SK rektor. (Foto: Istimewa)
Prosesi penandatanganan SK rektor. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Prof Dr H Abd. Haris, MAg resmi dilantik sebagai rektor UIN Malang oleh Menag Lukman Hakim Saifuddin Jumat (28/7/2017) pukul 14.00 di Kantor Kemenag Lapangan Banteng, Jakarta.

Kemenangan Haris ini cukup menegangkan. Apalagi lawan yang dihadapinya adalah incumbent rektor UIN Malang Prof Dr Mudjia Rahardja.

Ada tiga calon yang bertarung dalam pilrek UIN Malang. Mereka adalah Prof Dr Khusnuridlo, Prof Dr H Abd. Haris, dan Prof Dr Mudjia Rahardja yang merupakan incumbent. Khusnuridlo sempat dinyatakan gugur, namun akhirnya tetap dikembalikan haknya untuk turut dalam seleksi di tingkat universitas sampai ke komisi seleksi Kemenag RI.

BACA JUGA: Prof Abdul Haris Resmi Rektor UIN Malang​

Yang menarik, sehari sebelumnya dua nama mengerucut ke incumbent Mudjia Rahardja. Bahkan di sejumlah media, nama Prof Mudjia Rahardja sudah disebut-sebut akan dilantik pada hari ini. Namun SK berkata lain. Justru Prof Haris yang dilantik.

’’Berita memang simpang siur. Tapi sebelumnya Prof Mudjia yang dikabarkan akan dilantik. Tapi ternyata bukan,’’ ujar salah satu petinggi UIN Malang.

Prof Dr H. Abd. Haris, M.Ag., lahir di Lamongan 21 Oktober 1962. Ia menamatkan Pendidikan Dasar di kota kelahirannya (1975), MTsN di Pondok Pesantren At-Taufiq Jombang (1979), SMA di A. Wahid Hasyim Tebuireng Jombang (1982).

Haris juga alumni IAIN Sunan Ampel Malang pada 1986 dan 1989 (sekarang UIN Malang).  Lalu mengambil S2 di IAIN Makassar (1996) dan S3 di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (2006). 

Guru besar di bidang pendidikan Islam ini pernah diamanahi sebagai Pembantu Rektor bidang administrasi, keuangan dan perencanaan IAIN Sunan Ampel Surabaya (2009-2013). Di lingkungan NU, Haris merupakan ketua LP Ma’arif, Jawa Timur. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES