Peristiwa Daerah

Prof Abdul Haris Resmi Rektor UIN Malang

Jumat, 28 Juli 2017 - 14:13 | 718.85k
Prosesi pelantikan Prof Haris (kiri) sebagai rektor UIN Malang. (Foto: Istimewa)
Prosesi pelantikan Prof Haris (kiri) sebagai rektor UIN Malang. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Teka-teki siapa yang bakal menjadi rektor UIN Malang akhirnya terjawab sudah. Setelah sempat diwarnai berbagai “psywar’’ tentang siapa yang akan menduduki tampuk pimpinan UIN Malang, akhirnya Menag Lukman Hakim Saifuddin melantik Prof Dr H Abd. Haris, Mag sebagai rektor UIN Malang menggantikan Prof Dr Mudjia Rahardja.

BACA JUGA: Berita Pelantikan Menyebar, SK Berkata Lain

Haris dilantik beberapa saat lalu Jumat (28/7/2017) di Kantor Kemenag Lapangan Banteng, Jakarta. Prof. Dr H. Abd. Haris, M.Ag., lahir di Lamongan 21 Oktober 1962. Ia menamatkan Pendidikan Dasar di kota kelahirannya (1975), MTsN di Pondok Pesantren At-Taufiq Jombang (1979), SMA di A. Wahid Hasyim Tebuireng Jombang (1982).

Haris juga alumni IAIN Sunan Ampel Malang pada 1986 dan 1989 (sekarang UIN Malang).  Lalu mengambil S2 di IAIN Makassar (1996) dan S3 di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (2006). 

Guru besar di bidang pendidikan Islam ini pernah diamanahi sebagai Pembantu Rektor bidang administrasi, keuangan dan perencanaan IAIN Sunan Ampel Surabaya (2009-2013). Di lingkungan NU, Haris merupakan ketua LP Maarif, Jawa Timur.

Ada tiga calon yang bertarung dalam pilrek UIN Malang. Mereka adalah Prof Dr Khusnuridlo, Prof Dr H Abd. Haris, dan Prof Dr Mudjia Rahardja. Khusnuridlo sempat dinyatakan gugur, namun akhirnya tetap dikembalikan haknya untuk turut dalam seleksi di tingkat pansel Kemenag. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES