Peristiwa Nasional MTQ Mahasiswa Nasional 2017

Tiga Ribu Peserta dan 251 Perguruan Tinggi Siap Hadiri MTQMN XV 2017

Kamis, 27 Juli 2017 - 15:02 | 39.14k
Lokasi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQMN) XV 2017 yang akan berlangsung di Kota Malang, Jawa Timur (Foto: Senda/ TIMES Indonesia)
Lokasi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQMN) XV 2017 yang akan berlangsung di Kota Malang, Jawa Timur (Foto: Senda/ TIMES Indonesia)
FOKUS

MTQ Mahasiswa Nasional 2017

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Universitas Brawijaya (UB) dan Universitas Negeri Malang (UM), dua kampus yang berhasil mencetak sejarah menjadi penyelenggara Musabaqah Tilawatil Qur'an Mahasiswa Tingkat Nasional (MTQMN) XV tahun 2017 dengan peserta terbanyak sepanjang sejarah.

Dari data yang masuk ke panitia, tercatat ada 3 ribu peserta yang akan hadir dan ada 251 Perguruan Tinggi se Indonesia. Hal itu tak pernah terjadi sejak digelarnya MTQMN.

menurut Rektor UB Prof M Bisri bahwa ada beberapa kegiatan pendukung selain kegiatan utama dalam MTQMN. Beberapa kegiatan pendukung yang penting antara lain pembukaan rekor MURI Khotmil Qur'an selama tujuh hari nonstop.

Selain itu ada dialog kebangsaan dan nusantara bershalawat yang mengundang beberapa da'i tingkat nasional. "Beberapa minggu ini UB mendapat beberapa ujian. Namun kami beranggapan bahwa semua hal tersebut merupakan pupuk bagi UB agar tambah maju," jelas pria berpenampilan sederhana itu.

Sepanjang penyelenggaraan MTQMN kali ini katanya, UB menjadi kampus yang penuh ayat-ayat Al Qur'an dan shalawat. "Dan semoga bisa membawa nama baik kampus UB sebagai perguruan tinggi yang baik dan benar," katanya.

Sementara itu, menurut Wakil Rektor III UM Dr. Syamsul Hadi, M.Pd, M.Ed menambahkan beberapa kegiatan yang akan mengisi MTQMN XV antara lain pameran kaligrafi dan Al Banjari. 

Selain itu, kegiatan tersebut juga akan dihadiri oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof M Nasir. "MTQMN tahun ini merupakan kompetisi yang akan memberikan kesempatan kepada peserta untuk bergelut dengan bidang di luar disiplin ilmu masing-masing," katanya.

"Kami berharap dari teman-teman media juga ada yang terlibat dalam Khotmil Qur'an. Hal ini tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri," katanya.

Diketahui, MTQMN merupakan perlombaan di bidang Al Qur'an yang diikuti oleh mahasiswa tingkat nasional. Mahasiswa yang boleh mengikuti kompetisi ini adalah yang sudah terdata dalam Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT).

Dalam acara ini, TIMES Indonesia adalah salah satu media partner yang dipercaya oleh Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang. Detail dan update pemberitaan tentang MTQMN bisa dibuka TIMES Indonesia(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES