Peristiwa Daerah

Marak Pencurian Garam, Warga dan Polisi Patroli Lahan Garam

Kamis, 27 Juli 2017 - 14:07 | 29.06k
Petugas bersama dengan warga ketika patroli di lahan pertanian garam di Kalianget Sumenep. (Foto Busri Toha / TIMESIndonesia)
Petugas bersama dengan warga ketika patroli di lahan pertanian garam di Kalianget Sumenep. (Foto Busri Toha / TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sejumlah warga bersama dengan petugas kepolisian dari Mapolsek Kalianget, menggelar patroli ke lahan garam di Desa Karanganyar, Kecamatan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Sebab, belakangan marak pencurian garam dan mengantisipasi kehilangan garam sejak garam langka beberapa minggu terakhir.

Salah seorang petani garam, Matrawi mengaku, seringkali tetangganya saat pagi hari kehilangan garam. Bahkan, tumpukan garam terkadang cuma tinggal separuh. Bukan hanya itu, garam yang sudah dikarungi juga raib dicuri.

"Karena selalu ada kejadian begitu, saya bersama petani garam lainnya berinisiatif meronda menjaga garam agar tidak dicuri oleh pencuri,” ujarnya, Kamis (27/7/2017).

Kasi Humas Polsek Kalianget, Aiptu Slamet Riadi mengatakan, akan terus mengintensifkan patroli ke wilayah lahan pegaraman di desa karanganyar dan pinggir papas Kecamatan Kalianget, sambil dibantu warga petani garam.

"Polisi mendatangi lahan-lahan garam yang sudah panen untuk memastikan garam petani aman tidak dicuri maling,” terangnya.  

Dijelaskan, peningkatan patroli ke lahan garam akibat banyak keluhan masyarakat petani garam yang selalu kehilangan garam. Itu diduga karena garam sedang langka dan harganya melambung tinggi.

Jika biasanya perton hanya 4 ratus ribu, kini garam ditingkatan petani sudah mencapai Rp 5,5 juta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Madura

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES