Peristiwa Nasional

Ospek akan Diisi Materi Bela Negara

Kamis, 27 Juli 2017 - 03:37 | 32.05k
Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu. (Foto: Detak.Co)
Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu. (Foto: Detak.Co)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan mulai tahun ini kegiatan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek) akan diisi dengan materi Bela Negara.

"Perguruan tinggi tidak hanya berperan membentuk generasi yang berkualitas dalam hal intelektual, tetapi juga generasi yang mampu menjaga keutuhan dan kelangsungan hidup bangsa dan negara," kata Ryamizard saat memberikan pembekalan Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) kepada Rektor dan Koordinator Kopertis di Kantor Kemenhan, Jakarta, Rabu (26/7) seperti dilansir Antara.

Menurut dia, dengan digabungkannya kegiatan Ospek dengan PKBN di perguruan tinggi akan jadi langkah strategis buat mahasiswa agar tidak hanya memahami lingkungan kampus saja. Namun, juga memiliki daya juang tinggi dan karakter kuat dalam menjaga kesatuan dan persatuan.

"Saat ini, ospek masih banyak diisi dengan materi-materi yang kurang memberikan dampak besar terhadap kehidupan mahasiswa ke depannya. Oleh karena itu, mental taat hukum, disiplin, dan rela berkorban kita masukkan agar kelak mereka ikut menjaga negara," jelas dia.

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat ini juga menambahkan disamping materi Bela Negara, materi soal kesetiaan pada nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 bakal dihadirkan pula dalam kegiatan ospek.

"Berbekal nilai-nilai tersebut para mahasiswa diharapkan mampu membentengi diri dari berbagai pengaruh yang berpotensi menjadi ancaman bagi dirinya, lingkungannya, hingga bangsanya. Dengan demikian, para intelektual muda juga akan menjadi 'role model' bagi generasi muda di Indonesia maupun dunia," kata dia.

Rencananya, program ini akan diperkenalkan dalam kegiatan pengenalan kampus bagi mahasiswa baru perguruan tinggi pada 2017

Dalam pelaksanaanya rektor dan pihak kampus akan berkoordinasi dengan institusi terkait di daerah seperti Pemda, Polri, TNI, dan lembaga di bawah Kemenhan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES