Pendidikan

Mendikbud: Sekolah Bakal Punya Dua Versi Rapor

Selasa, 25 Juli 2017 - 18:03 | 29.96k
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy (Foto: TIMES Indonesia)
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy (Foto: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dalam program Penguatan Pendidikan Karakter, setiap sekolah wajib memiliki dua versi rapor untuk memantau perkembangan murid, demikian ditegaskan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy.

"Sekolah nanti akan memiliki dua versi rapor, yang pertama rapor akademik untuk intrakulikuler, yang kedua rapor rekaman aktivitas siswa yang berupa naratif deskriptif untuk menceritakan tingkat perkembangan siswa dari tingkat SD sampai SMA," tegasnya di Jakarta, Selasa (25/7/2017).

Menurut Mendikbud, rapor rekaman aktifitas murid antara lain akan meliputi laporan minat, bakat serta kemahiran istimewa murid. Dalam program Penguatan Pendidikan Karakter akan ada porsi  seimbang antara peranan sekolah dengan keluarga untuk mendidik siswa.

"Ini dalam rangka implementasi manajemen pendidikan berbasis sekolah, sekolah harus mempunyai tanggung jawab untuk mengatur kegiatan belajar siswa baik di sekolah, masyarakat maupun di rumah," sambungnya.

Mendikbud meyakini dengan kegiatan sekolah lima hari, orangtua bisa memiliki waktu untuk ikut mendidik dan mengasuh anak secara penuh selama dua hari libur sekolah. Selama ini, orangtua cenderung melimpahkan semua tanggung jawab pendidikan kepada sekolah.

Ia juga menegaskan jika saat ini pemerintah sedang membuat Peraturan Presiden (Perpres) mengenai Program Penguatan Pendidikan Karakter, yang antara lain berkenaan dengan apakah semua sekolah akan diwajibkan menerapkan lima hari sekolah atau tidak.

"Nanti akan diatur di Perpres, apakah nanti sifatnya pilihan atau bertahap kita akan lihat, saat ini kita sedang godok masalah itu," tutupnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES