Peristiwa Daerah Dari Desa untuk Indonesia

Desa Tanalum Purbalingga Raih Juara pada Festival Desa Wisata Jateng

Selasa, 25 Juli 2017 - 17:26 | 94.16k
Para pemain yel-yel, lesung dan penari dari Kabupaten Purbalingga pada Festival Desa Wisata Jateng di Magelang, Selasa (25/7/2017) (Foto: Dinporapar Purbalingga For Purbalingga TIMES)
Para pemain yel-yel, lesung dan penari dari Kabupaten Purbalingga pada Festival Desa Wisata Jateng di Magelang, Selasa (25/7/2017) (Foto: Dinporapar Purbalingga For Purbalingga TIMES)
FOKUS

Dari Desa untuk Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Semangat Dari Desa untuk Indonesia di Desa Wisata Tanalum, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga sangat luar biasa. Buktinya desa ini meraih juara Harapan 1 pada Festival Desa Wisata Jawa Tengah.

Festival Desa Wisata Tingkat Provinsi Jawa Tengah yang diikuti oleh Kabupaten dan Kota se-Jawa Tengah ini berlangsung pada hari Senin hingga Selasa (24-25/7/2017) di lapangan drh Soepardi Kabupaten Magelang.

Kepala Bidang Pariwisata Dinporapar Purbalingga Mulyanto mengatakan, yang meraih juara pertama dalam acara tersebut adalah Semarang, kemudian juara dua Cilacap dan juara tiga Rembang.

“Alhamdulillah dalam acara Festival Desa Wisata Jawa Tengah kali ini, Desa Wisata Tanalum mendapat juara harapan satu. Lalu harapan dua adalah Brebes dan harapan tiga dari Temanggung,” kata Mulyanto, Selasa  (25/7/2017).

Mulyanto menjelaskan, tujuan kegiatan tersebut dalam rangka usaha meningkatkan perekonomian rakyat dan kesejahteraan masyarakat Purbalingga melalui promosi Desa Wisata.

“Selain itu juga untuk menjalin kebersamaan antar pelaku Desa Wisata dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Purbalingga,” jelas Mulyanto.

Pada acara tersebut lanjut Mulyanto, Desa Wisata Tanalum menampilkan potensi wisata desa dan menampilkan berbagai macam produk dan kesenian.

“Selama dua hari ini kami melakukan promosi dan paparan tentang Desa Wisata di Purbalingga termasuk Desa Wisata Tanalum, Kecamatan Rembang. Mulai dari yel-yel, atraksi seni tabuh lesung. Dan produk lokal yang meliputi hasil hutan, obat dan serbuk minuman herbal, kuliner serta cindera mata,” terangnya.

Ia menambahkan, dalam acara festival yang bertema "Desaku Harapanku, Mandiri dan Sejahtera” itu juga turut dipromosikan destinasi wisata Curug Gogor, Curug Nagasari, Curug Aul dan Curug Karang sebagai daya tarik wisata alam.

“Dan paket wisata lainya juga kami promosikan seperti rappeling, canyoning, outbound, trekking, desa wisata, camping ground dan river tubing serta tidak ketinggalan seni budaya lokalnya,” tambah Mulyanto dengan membawa spirit Dari Desa untuk Indonesia(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES