Glutera News

Pentingnya Makanan Kesehatan

Selasa, 25 Juli 2017 - 05:14 | 121.01k
Makanan makanan kesehatan bagi tubuh. (Foto: GluteraNews)
Makanan makanan kesehatan bagi tubuh. (Foto: GluteraNews)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Setiap hari, tubuh memerlukan asupan nutrisi yang cukup agar bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Nutrisi bisa didapatkan dari makanan seperti sayuran dan buah-buahan. Namun, tidak semua orang dapat mengkonsumsi sayur dan buah-buahan dengan baik.

Oleh karena itu, untuk menjaga tubuh tetap tercukupi kebutuhan nutrisinya, Anda membutuhkan bantuan suplemen. Suplemen merupakan makanan pendamping bukan pengganti makanan.

Suplemen makanan pada umumnya mengandung vitamin dan mineral yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh.

Berikut manfaat mengkonsumsi suplemen bagi tubuh Anda. Meningkatkan Metabolisme Tubuh Beberapa gangguan metabolisme dan pencernaan, dapat mempengaruhi penyerapan makanan dalam tubuh, yang bisa menyebabkan menurunnya asupan nutrisi dalam tubuh.

Di sinilah peran suplemen. Mengkonsumsi suplemen dalam jumlah yang cukup membantu meningkatkan metabolisme dan mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.

Anda dapat mempertimbangkan konsumsi suplemen untuk menunjang kesehatan. Suplemen dapat membantu Anda memastikan telah terpenuhinya kebutuhan tubuh akan nutrien-nutrien penting yang diperlukan agar tubuh dapat berfungsi dengan baik.

Yang perlu diingat, suplemen bukan ditujukan sebagai pengganti obat-obatan atau prosedur medis lain dalam mengobati maupun mencegah suatu penyakit. Suplemen juga bukan pengganti makanan sepenuhnya. Anda tetap perlu mengonsumsi berbagai macam makanan sehat untuk memenuhi kebutuhan Anda sehari-hari. Artinya, suplemen tampil untuk melengkapi atau menambah asupan makan Anda.

LEBIH JAUH MENGENAI SUPLEMEN

Suplemen dapat merupakan produk-produk yang mengandung satu atau lebih nutrien vitamin, mineral, asam amino, asam lemak, dan serat. Selain itu, suplemen juga dapat berupa produk-produk alami berupa herba ataupun bahan alami non tumbuhan, misalnya yang didapatkan dari hewan.

Suplemen ada yang dikemas dalam bentuk tablet, kaplet, pil, kapsul lunak, maupun cairan. Saat ini banyak sekali jenis suplemen yang beredar di pasaran. Suplemen multivitamin dan suplemen nonvitamin nonmineral adalah dua jenis suplemen yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. 

•    SUPLEMEN MULTIVITAMIN

Sebutan multivitamin ditujukan kepada suplemen yang mengandung tiga atau lebih vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral yang terkandung, memiliki takaran yang masih dapat ditoleransi, sehingga dapat tidak berisiko buruk terhadap kesehatan bila dikonsumsi sesuai aturan.

Biasanya, kandungan dalam multivitamin adalah vitamin C, B1, B2, B3, B6, H (biotin), B12, B5 (pantothenate), A, E, D3, K1, kalium iodida , tembaga, seng, besi, betakaroten, kalsium, magnesium, kromium, dan mangan.Suplemen multivitamin ini tidak mengandung hormon, obat-obatan, maupun herbal.

•    SUPLEMEN NONVITAMIN NONMINERAL (NVNM)

Yang termasuk dalam kategori suplemen nonvitamin nonmineral (NVNM) adalah herba dan suplemen nonvitamin lainnya. Suplemen vitamin, minuman teh herba, dan minuman teh hijau bukan termasuk kategori NVNM. Sama dengan suplemen multivitamin, suplemen NVNM biasanya dikemas dalam bentuk pil, kapsul lunak, gel, kaplet, atau berupa cairan.

Contoh suplemen NVNM antara lain minyak ikan, probiotik atau prebiotik, ginkgo biloba, pil teh hijau, ginseng, echinacea, suplemen bawang putih, dan glukosamin atau chondroitin.

MANFAAT SUPLEMEN

Penelitian telah membuktikan bahwa sebagian suplemen dapat menunjang kesehatan secara umum. Menurut berbagai penelitian, beberapa kondisi kesehatan tertentu pun dapat terbantu seiring dengan konsumsi suplemen secara teratur, yaitu: 

•    Glutathione :
Sebagai Antioksidan yang menanggal segala jenis radikal bebas yang merupakan bibit awal dari penyakit penyakit. Termasuk didalamnya menormalkan fumgsi organ tubuh (suku cadang) dalam tubuh.

•    Nitric Oxide :
Membantu Sistem Kardiovaskular (Darah, Jantung, Pembuluh Darah) sehingga “mesin” dalam tubuh kita berjalan normal.

•    Collagen :
Rangka tubuh mulai Tulang, Otot, dan Kulit akan selalu sehat dengan seiringnya usia tubuh.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Mengonsumsi Suplemen

Agar Anda bisa mendapatkan manfaat suplemen dan tidak menimbulkan risiko bagi kesehatan di kemudian hari, perhatikan hal-hal di bawah ini sebelum mulai mengonsumsi produk tersebut : 

•    Hindari mengonsumsi suplemen dengan tujuan mengobati penyakit tertentu, apalagi jika Anda membuat diagnosis sendiri. Berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter.

•    Pahami bahwa efektivitas dan keamanan suplemen bukan diukur dari istilah “alami” yang tercantum dalam kemasan, tetapi dari kandungan kimia pada produk tersebut, cara kerja di dalam tubuh, takaran pemakaian, dan proses pembuatannya.

•    Sebelum mengonsumsi suplemen, pastikan bahwa Anda sudah memahami manfaat kesehatannya bagi Anda, risiko yang mungkin ditimbulkan, aturan pemakaian, serta berapa lama Anda harus menggunakannya.

Anda dapat mengonsumsi suplemen untuk menunjang kesehatan. Namun, pastikan Anda bijak menggunakannya dan tetap perhatikan pola makan yang sehat serta diimbangi dengan olahraga serta istirahat yang cukup. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES