Ekonomi

Gelar Bimtek, Kemenperin Berusaha Tambah Wirausahawan Banyuwangi

Senin, 24 Juli 2017 - 22:33 | 51.12k
Direktur IKM Logam, Elektronika, Mesin dan Alat Angkut, Ditjen IKM Kemenperin Endang Suwartini dan Kadisperindag Ketut dalam pembukaan bimtek. (Foto: Humas Pemkab Banyuwangi for TIMES Indonesia)
Direktur IKM Logam, Elektronika, Mesin dan Alat Angkut, Ditjen IKM Kemenperin Endang Suwartini dan Kadisperindag Ketut dalam pembukaan bimtek. (Foto: Humas Pemkab Banyuwangi for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Perindustriran (Kemenperin) menggelar bimbingan teknis (bimtek) wirausaha Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Banyuwangi.

Bimtek pengolahan pangan dan kayu itu digelar di Kecamatan Rogojampi dan Tegalsari selama 4 hari, mulai hari ini, Senin (24/7/2017).

Direktur IKM Logam,  Elektronika, Mesin dan Alat Angkut, Ditjen IKM Kemenperin Endang Suwartini mengatakan pihaknya memiliki target untuk menumbuhkan 20 ribu wirausaha baru, selama 5 tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo. 

“Untuk mencapainya, kami tidak membuka pabrik-pabrik baru. Namun, kita tingkatkan kemandirian dan kemampuan SDM di daerah-daerah. Jalannya melalui bimtek seperti ini. Kita roadshow, untuk membekali keterampilan. Kita dampingi dan dorong masyarakat agar bisa membuka usaha sendiri,” kata Endang saat membuka Bimtek di Aula hotel Mahkota Plengkung.

Bimtek wirausaha di Kecamatan Rogojampi, 20 peserta dilatih membuat kerajinan dari bahan dasar kayu kelapa menjadi gantungan kunci dan boneka.

Sedangkan bimtek di Kecamatan Tegalsari 20 peserta diajarkan membuat berbagai olahan pangan dari labu kuning seperti tepung, cake, dodol, dan cheese stick. Peserta juga akan dilatih membuat olahan dari buah naga, diantaranya sari buah, selai, dan permen.

“Selain dilatih secara teknis, peserta juga akan kami bekali cara mengakses permodalan, marketing dan packaging,” ujar Endang

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Banyuwangi I Ketut Kencana Nirha menyambut baik kegiatan tersebut.

Dikatakannya kegiatan bimtek Kemenperin menyatu dengan program Pemkab Banyuwangi meningkatkan jumlahnya entrepreneur di Bumi Blambangan.

“Kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada pemerintah pusat yang telah menyelenggarakan pelatihan di Banyuwangi. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi masyarakat kami,” tutur Ketut yang hadir dalam pembukaan bimtek tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES