Entertainment

Desainer Nasional dan Desainer Italia Garap Batik UMKM Banyuwangi

Selasa, 25 Juli 2017 - 01:45 | 54.70k
Pagelaran Banyuwangi Batik Festival 2016. (Foto : Humas Pemkab Banyuwangi for TIMES Indonesia)
Pagelaran Banyuwangi Batik Festival 2016. (Foto : Humas Pemkab Banyuwangi for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Banyuwangi Batik Festival (BBF) akan kembali digelar dengan menghadirkan karya dari 10 desainer nasional dan 1 orang desainer asal Italia.

Batik-batik khas buatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Banyuwangi yang kemudian dirancang Philip Iswardono, Priscilla saputro, Aldre, Andy Sugix, Yunita Kosasih serta desainer nasional lainnya dan Milo Miliavica asal Italia bakal ditampilkan pada 28-29 Juli di Taman Blambangan.

"Pelaku batik lokal akan berkolaborasi dengan desainer internasional dan nasional menampilkan beragam busana batik yang menarik," ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Senin (24/7/2017).

Anas mengatakan, BBF bukan cuma ajang hiburan, melainkan bentuk penguatan ekosistem bisnis bagi pembatik lokal. Setelah lima tahun BBF digelar dibarengi peningkatan kualitas batik, kini pelaku UMKM batik Banyuwangi mulai eksis.

"Beraninya desainer papan atas menggunakan kain batik kreasi UMKM lokal menunjukkan adanya peningkatan kualitas. Terciptanya interaksi itu akan membuka peluang bagi pembatik lokal ke pasar nasional, bahkan global," jelas bupati berusia 43 tahun ini.

BBF 2017 ini juga menampilkan Putri Indonesia 2017 Bunga Jelita Ibrani sebagai ikon. Ada pula penampilan spesial penyanyi Isyana Sarasvati yang akan bernyanyi mengiringi model di catwalk.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Banyuwangi Ketut Kencana menambahkan, motif batik yang diangkat tahun ini adalah Kopi Pecah, salah satu dari 48 motif batik lokal yang penuh filosofi.

"Motif kopi pecah ini sangat kuat mewakili kearifan lokal, di mana persaudaraan rakyat dibangun lewat suguhan secangkir kopi. Inilah filosofi sekaligus kekuatan batik Banyuwangi dibanding batik daerah lainnya,” ujarnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES