Peristiwa Daerah

Usir Kebosanan Pemohon SIM, Polisi Layani dengan Gaya Standup Comedy

Senin, 24 Juli 2017 - 14:57 | 90.89k
Subscribe TIMES TV KLIK

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Upaya polisi di bagian pelayanan Surat Izin Mengemudi Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Simsatpas) Simsatpas Singosari, Polres Malang, Jawa Timur, untuk mengusir kebosanan pemohon SIM menerapkan gaya Standup Comedy.

Gaya pelayanan inovasi baru yang dilakukan anggota Polres Malang itu bertujuan untuk mengubah presepsi masyarakat mengenai pelayanan pembuatan SIM yang terkesan kaku dan monoton.

Gaya melayani pemohon SIM itu didokumentasikan dalam bentuk video dan disebar di banyak media sosial. Dalam video tersebut berisi pelayanan gata Standup comedy.

“Sssalamualaikum Wr Wb. Selamat datang di Simsatpas  Singosari. Petugas ngasih contoh di perhatikan ya. Polisi ngasih contoh diperhatikan yang kurang jelas ditanyakan,” kata seorang polisi di depan pemohon SIM yang sudah antri.

“Ujian teori, ujian praktik, dilarang grogi ndak boleh. Dilarang takut ndak boleh. Yang kurang jelas harus bertanya. Jangan diam saja tidak boleh malu. Yang kurang jelas harus tanya. Tapi kalo ujian tulis teori ojo tekak-tekok ngkok awamu gak ngejak-ngerjakne kamu ngkokya,“ ujar polisi bernama Umar dengan logat lucu saat sosialisasi tatacara pembuatan SIM.

Dengan cara unik interaktif polisi Umar itu, ia mengimbau kepada masyarakat agar kosentrasi saat melakukan registrasi, tidak boleh grogi dan takut.

Video yang dikeluarkan Polres Malang itu, kini sudah menyebar di media sosial. Dengan model pelayanan tersebut, banyak penghuni dunia maya yang menyukainya. Pelayanan polisi tak laku kaku dan menakutkan.

Menanggapai hal tersebut, Kapolresta Malang AKBP Yade Setiawan Ujung mengungkapkan bahwa ini merupakan bentuk komunikasi sosial polisi yang ingin mewujudkan karakter civilian police-nya sebagai upaya merangkul masyarakat untuk meraih public trust.

“Polisi harus terus memberikan layanan terbaik bagi masyarakat. Tidak membosankan. Harus ramah dan menyenangkan. Karena itulah tugas polisi. Bukan malah sebaliknya alias menakutkan,” kata YS Ujung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES