Kesehatan

Lima Makanan Wajib untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Anak

Senin, 24 Juli 2017 - 07:30 | 34.01k
ILUSTRASI. (Foto: Istimewa)
ILUSTRASI. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Masa pertumbuhan anak-anak stimulasi perkembangan otot dan otak ya sangat dipengaruhi oleh apa yang dimakan. harus diisi dengan makanan sehat. 

Nah makanan apa saja ya yang menunjang tumbuh kembang anak?

Ikan tuna

Meski harganya terbilang mahal, ikan tuna akan sangat berguna untuk menunjang tumbuh kembang anak. Ikan ini mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu perkembangan otak buah hati Anda. 

Tidak hanya itu, ikan tuna juga mengandung vitamin, mineral, dan juga sebagai sumber protein yang baik untuk kesehatan tubuh mereka. Jika bingung mengolahnya, Anda bisa membuat sup ikan tuna kuah bening atau tomato tuna melt yang lezat, gurih, dan menyehatkan.

Sayuran

Sebagian besar anak terkadang akan menolak jika disuruh menyantap sayuran. Padahal, hidangan ini mengandung serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk menunjung tumbuh kembang mereka. 

Untuk menyiasati hal tersebut, Anda bisa menyajikan sayuran dengan suguhan yang lebih variatif dan kreatif. Misalnya dengan membuat sup jagung dengan menambahkan sedikit hiasan-hiasan lucu agar si kecil bersemangat untuk menyantapnya.

Telur

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa telur termasuk salah satu makanna yang paling mudah untuk diolah. Telur juga merupakan salah satu sumber protein, zat besi, dan kolin yang sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh, dan perkembangan otak si kecil. Salah satu resep yang bisa Anda coba yakni, omelet telur keju.

Susu

Anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan, tentunya membutuhkan asupan kalsium yang cukup banyak. Kalsium dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan gigi yang kuat. Selain itu, susu juga menjadi sumber protein dan lemak yang berguna untuk melengkapi kebutuhan nutrisi anak. Sehingga tidak mengherankan jika kebanyakan dokter menyarankan Anda untuk memberikan susu kepada anak secara rutin.

Daging

Daging merupakan salah satu jenis makanan yang wajib masuk dalam daftar makanan buah hati Anda. Namun demikian, tidak semua jenis daging bisa Anda suguhkan kepada si kecil. Pilihlah daging tanpa lemak karena mengandung zat besi dan protein yang sangat tinggi. 

Kedua nutrisi ini dibutuhkan untuk melengkapi kebutuhan gizinya selama masa pertumbuhan. Jika bingung mengolahnya, Anda bisa membuat semur bola-bola daging atau bahkan daging teriyaki di rumah, lalu sajikanlah dengan nasi putih hangat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES