Peristiwa Daerah

Permainan Jaring Laba-laba Bisa Latih Anak Berstrategi

Senin, 24 Juli 2017 - 04:25 | 1.13m
Permainan jaring laba-laba atau spider web pada acara Outbond siswa MTs ‘Ushriyyah Purbalingga di Buper Munjuluhur Purbalingga, Minggu (23/7/2017). (Foto: Edi Siswanto/TIMES Indonesia)
Permainan jaring laba-laba atau spider web pada acara Outbond siswa MTs ‘Ushriyyah Purbalingga di Buper Munjuluhur Purbalingga, Minggu (23/7/2017). (Foto: Edi Siswanto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Salah satu games atau jenis permainan yang disebut spider web atau jaring laba-laba dalam kegiatan Outbond bisa melatih siswa-siswi SMP berstrategi.

Salah satu Instruktur Rescue Outbond and Adeventure Division (ROAD) SAR Purbalingga Teguh SR mengatakan, dalam permainan jaring laba-laba bagi anak-anak pelajar MTs atau SMP, intinya adalah dapat merangsang untuk berfikir dan merancang sebuah strategi.

“Selain merangsang berstrategi permainan tersebut juga bisa menumbuhkan daya semangat, keseriusan, ketelitian, kekompakan tim, kedisplinan dan bisa membimbing anak-anak untuk belajar displin,” kata Teguh.

Untuk bisa menyelesaikan permainan jaring laba-laba dari tali pramuka itu sambung Teguh, maka perlu tahapan, cara atau strategi yang baik dan tepat dari sebuah tim.

“Seluruh peserta dalam satu tim harus berpindah dari satu sisi kesisi yang lain, melalui sebuah jaring laba-laba dengan dibantu rekan yang lain,” kata Teguh.

Langkah pertama sambung Teguh, tim perlu mengetahui pekerjaan yang terberat dan yang termudah. Maka yang terberat atau tersulit itu yang harus pertama dikerjakan selanjutnya yang termudah.

Menurut Teguh, yang tersulit adalah saat masuk melewati jaring dari bagian atas. Namun dengan strategi, kesabaran dan ketelitian langkah itu bisa dikerjakan dengan mudah.

Selanjutnya satu orang satu lubang dan lubang yang sudah dilewati tidak boleh dilewati orang lain lagi. Kemudian saat melewati lubang jaring, peserta tidak boleh menyentuh jaring atau tali, jika tersentuh maka lonceng akan berbunyi dan dianggap gagal.

“Permainan jaring laba-laba lebih menekanan pada kerja sama dalam satu kelompok. Dan permainan itu masuk dalam kelompok permainan Low Impack atau jenis permainan yang sudah umum dilakukan,” tambah Teguh dalam acara Outbond MTs ‘Ushriyyah Purbalingga di Bumi Perkemahan (Buper) Munjuluhur Purbalingga, Minggu (23/7/2017). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES