Peristiwa Nasional

Untuk Pertahankan Ideologi Negara, ASN Harus Berani Tentukan Sikap

Senin, 24 Juli 2017 - 00:33 | 35.62k
Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo. (Foto: Hasbullah/TIMES Indonesia)
Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo. (Foto: Hasbullah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menekankan, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) berani menentukan sikap, siapa kawan, siapa lawan demi mempertahankan ideologi negara.

"PNS, sebagai warga Negara Republik Indonesia harus mempertahankan konsistensi sikap yang seiring dengan negara," papar Tjahjo melalui pesan teks yang dipancaluaskan, Minggu (23/7/2017).

Kata dia, ASN musti terlibat aktif mengimplementasikan ideologi negara, yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Bahkan, bekas Sekjen PDI Perjuangan itu secara tegas meminta ASN mengundurkan diri, bila mau terlibat dengan kelompok masyarakat yang mengembangkan ideologi yang bersebrangan dengan keempat pilar negara tersebut.

"Kalau ada PNS, baik langsung atau tidak, terlibat dengan elemen-elemen yang melawan, bersabrangan (atau) mengembangkan ideologi selain Pancasila, ya silahkan mengundurkan diri dari PNS," ujarnya.

Tjahjo mengatakan, tugas memberikan pemahaman ideologi negara terhadap masyarakat di berbagai lingkungan dan tingkatatan merupakan bagian dari tanggunghawab ASN.

"Secara terus menerus (PNS) harus memberikan pemahaman terkait ideologi negara, yaitu, Pancasila, UUD 45, NKRI, Bhineka Tinggal Ika," tukas Tjahjo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES