Peristiwa Daerah

Pemkot Batu Siap Bantu Daerah Lain Tangani Kebakaran

Minggu, 23 Juli 2017 - 16:32 | 29.67k
H Eddy Rumpoko, Walikota Batu memberikan sambutan dan membuka Lomba Foto On The Spot Fire and Resque Kota Batu, Jawa Timur, Minggu (23/7/2017) (Foto: Senda/ TIMES Indonesia)
H Eddy Rumpoko, Walikota Batu memberikan sambutan dan membuka Lomba Foto On The Spot Fire and Resque Kota Batu, Jawa Timur, Minggu (23/7/2017) (Foto: Senda/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wali Kota Batu Eddy Rumpoko mengatakan, pihaknya siap membantu daerah lain dalam penanggulangan kebakaran. Hal itu disampaikannya terkait dengan keberadaan unit mobil tangga modern (aerial ladder unit) yang dimiliki Pemkot Batu.

"Kita sudah memiliki alat pemadam kebakaran untuk mengantisipasi terjadi kebakaran di gedung-gedung bertingkat," ujar ER, sapaannya, usai membuka lomba fotografi di halaman Balai Kota Among Tani, Kota Batu, Jawa Timur, Minggu (23/7/2017).

Dia menegaskan pengadaan mobil pemadam kebakaran yang mahal dan canggih memang berdasarkan standart operational procedure (SOP) dalam penanganan kebakaran di gedung bertingkat. "Harus ada SOP, tidak hanya beli barang mahal yang modern," ucapnya.

Keberadaan mobil tangga yang dibeli Pemerintah Kota (Pemkot) Batu dengan anggaran Rp9,4 miliar, kata ER, dapat digunakan pula oleh daerah lain apabila membutuhkannya.

Pemkot Batu siap membantu apabila ada daerah lain yang membutuhkan bantuan unit pemadam kebakaran.

"Bantuan bersifat kemanusiaan. Kami siap membantu apabila daerah lain membutuhkan," kata ER.

ER menambahkan, hal penting adalah kesiapan para personel dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dalam memanfaatkan dan mengoperasikan unit yang ada.

"Personel harus benar-benar tanggap dan siap. Itu yang diatur manajemennya," terangnya.

Selain itu, Pemkot Batu berencana untuk penambahan personel petugas pemadam. Hal ini diperlukan seiring kebutuhan sekaligus penyiapan tenaga terampil yang siap bertugas.

Sedangkan untuk penempatan unit mobil pemadam, Pemkota Batu juga telah menyiapkan areal di lingkungan Balai Kota Among Tani. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Batu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES